Penentuan Sekda, Ketua Komisi II Harapkan Selektif

oleh -186 views
Seleksi sekda, Kelan Berharap lebih Selektif
Ketua Komisi II DPRD Loteng HL. Kelan berharap penentuan Sekda lebih selektif

LOMBOKSATU.com – Seleksi sekretaris daerah (Sekda) mendapat perhatian khusus dari kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah.

Para pimpinan dan anggota DPRD Lombok Tengah selaku mitra pemerintah, menaruh harapan besar kepada para calon orang nomor satu di birokrasi tersebut.

Ketua Komisi II DPRD Lombok Tengah HL. Kelan kepada wartawan, Kamis (24/06/2021) menyampaikan harapan besarnya kepada Sekda berikutnya mampu membangun sinergitas dengan pihak legeslatif.

Menurut Kelan, kemitraan yang baik antara pihak eksekutif dan legislatif sangat penting. Karena keduanya akan menentukan kebijakan ataupun keberlangsungan program yang akan berlangsung.

“Pemerintah daerah dan DPR merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan,” jelas politisi Partai Golkar tersebut.

Walaupun dewan tidak memiliki wewenang dalam mengangkat Sekda, lanjut Kelan, namun Bupati tentunya penting mendengarkan masukan dari DPR terkait beberapa kriteria yang harus terpenuhi oleh kandidat Sekda.

Pertama, sekda harus mampu mengatur pemerintahan, menguasai management keuangan dan inovatif. Yang tidak kalah pentingnya memiliki jam terbang tinggi. Artinya Sekda harus memiliki akses ke pemerintah pusat serta bisa melobi program sesuai kebutuhan daerah.

Ia menambahkan, dari beberapa poin tersebut, jam terbang masing masing pejabat berbeda beda. Begitu juga dengan memanfaatkan jejaring yang ada, tentu memiliki cara yang berbeda beda.

“Yang baik adalah bagaimana pemanfaatan jejaring harus sesuai keinginan bupati dan kebutuhan daerah,” katanya.

Pentingnya jam terbang karena Lombok Tengah saat ini menjadi salah satu kabupaten yang memiliki daya tarik lebih dibanding kabupaten lain. Adanya perbedaan tersebut, harus mampu dimanfaatkan oleh sekda terpilih. Sehingga tidak hanya mengandalkan anggaran yang ada, namun harus mampu menjemput bola, terutama di beberapa kementerian.

Untuk itu pihaknya berharap penentuan Sekda lebih selektif, sementara sejauh ini seleksi Sekda sudah memasuki tiga besar. Saat ini, tiga nama sudah ada di meja bupati. Namun Bupati HL Pathul Bahri masih belum mau buka suara perihal tersebut. (Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.