Pemdes Mekar Damai Prioritaskan Pengembangan UMKM

oleh -205 views
Kades Mekar Damai Ahmad Yani

LOMBOKSATU.com – Peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Desa Mekar Damai, Kecamatan Praya Lombok Tengah.

Kepala Desa Mekar Damai Ahmad Yani mengungkapkan, alokasi Dana Desa (DD) non fisik tahun 2021 banyak tersedot untuk pemberdayaan UMKM. Sebagian besar akan digunakan untuk pengadaan peralatan, sesuai jenis usaha yang digeluti.

Dikatakan Yani, UMKM hampir ada di 15 dusun di Desa Mekar Damai. Bidang usaha yang sebagian besar kuliner, seperti pembuatan jajanan khas Lombok dan lainnya. “Yang paling maju ada 4 kelompok,” kata Yani di rumahnya, Sabtu (06/02/2021).

Bahkan kata Yani, UMKM Cempaka dengan produksinya yakni tortila, tahun lalu keluar sebagai juara 2 tingkat nasional. Selain rasanya dan kemasannya, keunggulan UMKM ini juga karena dinilai memiliki jaringan bisnis yang luas.

Saat ini, lanjut Yani, tortila produk UMKM yang eksis sejak 2012 tersebut sudah masuk ke ritel moderen dan dieksport ke beberapa daerah. Yang mana UMKM Cempaka saat ini beranggotakan 30 orang.

Selain itu, pengelolaan UMKM Cempaka sudah profesional. Keuntungan yang diperoleh tidak hanya dibagi kepada anggota, tapi sebagiannya juga disisihkan untuk pengembangan kelompok sehingga tidak heran jika kelompok ini sudah tidak tergantung lagi pada bantuan pemerintah.

Untuk itu selain pemberian bantuan, tahun ini juga akan diadakan berbagai pelatihan. Baik peningkatan kwalitas produk maupun pengelolaan UMKM. Dengan harapan kedepan berkembang baik, paling tidak bisa menelurkan ilmunya untuk UMKM lain.

Pengembangan UMKM, lanjut Yani merupakan satu-satunya pilihan yang bisa dilakukan, guna menghadapi persaingan di sektor pariwisata. Nantinya, produk-produk olahan UMKM lokal bisa ditampung di pusat oleh-oleh. Sehingga walaupun tidak memiliki destinasi wisata, paling tidak Mekar Damai bisa menjadi sentral UMKM.

“Kami siap bersaing. Karena kami yakin untuk menjadi tujuan wisata tidak mesti memiliki alam yang indah. Keberadaan UMKM ini juga bisa kita jual,” pungkasnya. (dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.