Sekda Lotim Berharap Desa Terus Berinovasi

oleh -78 views
Sekda Lotim berharap desa lakukan inovasi
Sekda Lotim HM Juaini Taofik usai menggunting pita sebagai tanda Pengadangan Expo 2021 dibuka

LOMBOKSATU.com – Inovasi menjadi suatu keharusan untuk mencapai kemajuan. Sekda Lombok Timur HM. Juaini Taofik mengapresiasi semangat warga Desa Pengadangan yang terus menciptakan inovasi guna mencapai kemajuan.

Sekda menegaskan hal itu saat menghadiri Pengadangan Expo 2021 yang berlangsung di Pesanggrahan Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Sabtu (18/09/2021) sekaligus launching satu dusun satu produk, serta peresmian Kampung Media.

Menurut Sekda, inovasi ini menjadi roh dalam menyongsong suatu desa menjadi lebih baik pada masa mendatang. Namun hal itu harus sejalan dengan akselerasi. Akselerasi merupakan modal utama agar tercipta keselarasan dalam setiap inovasi itu.

“Pengadangan tidak seperti Desa Kembang Kuning, Tetebatu atau desa sekitarnya. Namun panorama alamnya tidak kalah dengan desa itu. Hanya saja, Pengadangan belum memiliki penginapan sehingga pengelolaanya belum secara maksimal,” terang Juaini Taofik.

Lebih jauh pria yang pernah meraih predikat sekda terbaik di NTB itu memaparkan, Pengadangan tak kalah menariknya dalam atraksi bidang seni dan budaya yang kini telah terkenal hingga ke mancanegara.

Meski fasilitas pendukung belum tersedia dalam menunjang sektor pariwisata, Juaini Taofik berkeyakinan, beberapa tahun kedepan Pengadangan akan dikenal hingga ke mancanegara.

“Sesuai tagline yang ada, tak kalah pentingnya adanya akselerasi. Pesan itu yang penting sehingga sampai ke telinga dunia,” kata Juaini Taofik yang juga Ketua Dewan Pembina Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lotim itu.

Desa dengan hanya mengandalkan pertanian saja tidak akan suitanable. Oleh karena itu desa tidak bisa maju dengan hanya mengandalkan satu sektor saja, melainkan berinovasi dengan sektor lain agar lebih maju.

Inovasi dalam dunia wisata itu tergantung kemasannya sehingga wisatawan banyak berkunjung ke tempat ini. Kalau kemasannya menarik dan pemasarannya baik, ia yakin suatu produk akan mendapat pangsa pasar hingga luar daerah bahkan mancanegara.

“Ukuran kemajuan itu bagaimana orang datang ke tempat kita dalam jumlah besar. Kita ingin Pengadangan ini bukan lagi meng-NTB tapi mendunia,” kata Sekda Lotim itu optimis.

Demikian pula kehadiran Kampung Media sebagai sarana informasi yang kini menjadi inovasi Pengadangan. Gambaran desa ini bisa terkenal lebih luas melalui informasi secara masif oleh media.

“Inilah yang disebut akselerasi. Kondisi desa dengan segala keindahan dan panorama dapat dipublikasikan melalui media agar dikenal hingga ke mancanegara,” sarannya.

Sementara itu, Kepala Desa Pengadangan Iskandar menilai Pengadangan Expo 2021 menjadi tolok ukur bagi desa untuk memperkenalkannya pada publik. Baik pariwisata, kesenian, dan produk rumahan (home industry) dari masyarakat setempat.

“Launching satu dusun satu produk dan kampung media, atas inisiatif mahasiswa dan karang taruna. Pemdes Pengadangan merespon positif kegiatan ini sebagai bagian memperkenalkan daerah kami,” kata Iskandar.

Ia merasa optimis masyarakat luas akan banyak mengenal Pengadangan secara lebih luas lagi melalui media digital yang akan mempublikasikan kondisi desanya dengan hal-hal positif.

Dalam kegiatan itu, Kepala Desa Pengadangan mendampingi Sekda Lotim HM. Juaini Taofik menggunting pita dan menandatangani prasasti sekaligus peluncuran satu dusun satu produk dan Kampung Media.

No More Posts Available.

No more pages to load.