Tahapan Pilkada Dimulai, Pj Bupati Dorong Masyarakat Berperan Aktif

oleh -764 views

LOMBOKSATU.com Tahapan PemilhanKepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur yang bakal berlangsung 27 November 2024 resmi dimulai.

Hal itu ditandai Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur Tahun 2024 yang berlangsung Sabtu, (25/05/2024) di Taman Rinjani Selong.

Penjabat Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik menyampaikan rasa syukur atas peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun ini.

Ia mendorong masyarakat untuk secara aktif berperan mulai dari memastikan terdaftar sebagai pemilih, termasuk para pemilih pemula.

Pj. Bupati juga mengingatkan kerja kolaboratif seluruh penyelenggara Pemilu menjadi kunci sukses penyelenggaraan Pilkada nantinya.

Dengan demikian partisipasi pemilih dapat meningkat, pun kualitas Pilkada yang berujung pada pemimpin yang memiliki legitimasi serta membawa Lombok Timur lebih maju.

Ketua KPU Lombok Timur Ada Suci Makbullah mengajak masyarakat agar mengetahui rekam jejak pasangan calon yang akan berkompetisi nantinya.

“Pemilu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menentukan pemimpin Lombok Timur lima tahun ke depan,” ujarnya.

Karena itulah tagar yang dipilih untuk Pilkada 2024 nanti adalah Pilkada untuk Gumi Patuh Karya. Tagar tersebut juga dipilih karena jumlah penduduk yang padat serta melahirkan tokoh-tokoh yang memiliki kontribusi bagi daerah maupun nasional.

Ia meminta semua pihak, termasuk partai politik, dapat berkontribusi memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Ia meyakini masyarakat masih memiliki kepercayaan terhadap sistem penyelenggaraan demokrasi tersebut.

Pada kesempatan tersebut diluncurkan pula maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur yaitu SiPatuh.

“SiPatuh merupakan burung merpati mengenakan pakaian adat sasak membawa paku dan kertas suara,” ujarnya.

Dipilihnya Burung Merpati yang merupakan simbol perdamaian diharapkan dapat mewujudkan pelaksanaan Pilkada yang berjalan damai, aman, dan lancar dengan dukungan semua pihak.