Bupati Lombok Timur Optimis PAD 2023 Meningkat

oleh -629 views
Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy
Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy

LOMBOKSATU.com – Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy optimis realisasi pendapatan asli daerah (PAD) tahun ini meningkat jika dibandingkan dengan realisasi PAD tahun 2022 yang hanya 65 persen dari target yang telah ditetapkan.

Karena itu, ia memerintahkan kepada para pimpinan OPD menemukan metode yang tepat untuk memprogresifkan capaian PAD masing-masing supaya capaian itu terpenuhi.

“Jangan sampai tahun 2023 realisasasi berada di bawah tahun 2022,” tekannya kepada 18 pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) penghasil PAD.

Kegiatan pada Rabu (4/1) tersebut berlangsung di Ruang Rapat Bupati dan dihadiri pula Sekretaris Daerah serta Asisten bidang pemerintahan dan Kesra.

Bupati secara spesifik juga menyebut sejumlah PAD yang potensinya belum digarap secara optimal seperti pajak hotel dan restoran, retribusi pasar, retribusi peternakan, serta pajak mineral bukan logam dan batuan (MBLB).

Ia mengingatkan sumber daya manusia (SDM) pengelola yang perlu ditingkatkan kualitasnya dan regulasi yang perlu dibenahi karena dinilai sudah tidak relevan dengan perkembangan terkini atau pun menghambat investasi.

Penagihan terhadap pengusaha yang masih menunggak juga menjadi penekanan bupati, sembari mengarahkan sejumlah aset agar dikelola pihak ke-3 guna mendapatkan hasil optimal.

Sejalan dengan itu, Sekda Muhammad Juaini Taofik meminta agar dilakukan pengawasan berkala terhadap SDM sehingga tidak menimbulkan dampak negatif terhadap upaya pemenuhan target PAD.

Selain itu ia menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi untuk menekan kebocoran.
tahun 2023 ini, seiring dicabutnya PPKM, Sekda berharap realisasi PAD Lombok Timur lebih baik.

Hal tersebut beralasan sebab selama dua tahun terakhir masih diberlakukan relaksasi bagi para pengusaha sebagai dampak pandemi covid-19.