Jaga Netralitas, Panitia Pilkades Menggelar Deklarasi

oleh -440 views
Pertemuan Pantia Pilkades serentak 2021 di lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur

LOMBOKSATU.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) bakal melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentah pada tahun 2021 ini. Terkiat hal itu, sebanyak 29 Panitia Pilkades menggekar deklarasi dan berikrar akan menjaga netralitas menuju Pilkades damai.

Acara deklarasi yang berlangsung di Ballroom Lantai II Kantor Bupati Lombok Timur, Rabu (02/06/2021) dihadiri Asisten I Setdakab Lotim Lalu Dami Ahyani, Kepala Kesbangpoldagri Lotim HM Isa, Kasat Pol.PP,H.Sudirman, Kepala Bidang PKD Dinas PMD Lotim Lukmanul Hakim, Ketua KPU Lotim Junaidi, para pejabat OPD

Deklarasi tersebut berisikan tiga point. Pertama, melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai panitia pemilihan kepala desa dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Point dua, dalam menjalankan tugas akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, dan cermat demi suksesnya pemilihan kepala desa, tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara daripada kepentingan pribadi atau golongan

Point tiga, menjaga netralitas dan memelihara kesatuan, perdatuan, ketertiban, dan keamanan serta penegakan protokol kesehatan selama penyelenggaraan pemilihan kepala desa.

Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setdakab Lotim LalubDami Ahyani yang mewakili bupati meminta kepada panitia Pilkades agar tetap menjaga dan menjunjung tinggi netralitas selama proses berlangsung, karena jika panitia tidak netral maka akan berimbas terhadap keamanan di masyarakat

Hal penting yang perlu diperhtikan kata mantan Sekwan itu, dalam pelaksaan proses tahapan Pilkades juga harus menjaga protokol kesehatan covid-19 karena sampai saat ini masih dalam suasana pandemi.

Ia juga berharap pantia tetap menjaga nama baik Lotim dalam pelaksanaan Pilkades serentak dengan tetap menjaga netralitas. “Netralitas panitia harus dijaga dan prokes covid-19 juga harus dipatuhi,” tegasnya.

Sementara Kepala Bidang PKD Dinas PMD Lotim Lukmanul Hakim mengatakan, jumlah desa yang mengikuti pilkades sebanyak 29 desa. Dari 29 desa itu, ada 11 desa yang memiliki balon lebih dari lima orang yang perlu mendapatkan perhatian bersama.

Selain itu netralitas panitia Pilkades dalam menjaga kondusitifitas dan mematuhi protokol kesehatan covid-19 dalam pelaksanaan Pilkades di Lotim. ”Mari kita sama-sama menciptakan Pilkades serentak di Lotim ini dengan damai tanpa adanya gejolak di masyarakat,” tegasnya.

Selain menjaga netralitas, panitia diharapkan untuk berhati-hati dalam melaksanakan tugas dan tetap mengacu pada regulasi atau aturan yang berlaku. Panitia juga diharapkan menjankan tugas dan fungsinya dengan baik sehingga pilkades serentak berjalan dengan lancar dan aman serta melakukan koordinasi dengan aparat keamanan.

No More Posts Available.

No more pages to load.