Ketua DPR Loteng Dorong Pembentukan Pansus Aset

oleh -261 views
Aerotel Praya, salah satu aset Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah yang terbengkalai

LOMBOKSATU.com – Penertiban aset daerah terus disuarakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepada wartawan, Kamis (22/04/2021), Ketua DPRD Loteng M Tauhid mengungkapkan pentingnya pembentukan Panitia Khusus (Pansus) aset sebagai upaya menangani persoalan aset.

Dikatakan Tauhid, Pansus nantinya diharapkan mampu memperjelas kepemilikan ataupun pemanfaatan aset daerah di Loteng, terlebih dengan banyaknya aset yang terlantar, perlu menjadi perhatian semua pihak.

Beberapa aset yang belum maksimal pemanfaatannya diantaranya Aerote dan beberapa eks kantor dinas yang sudah bertahun-tahun tidak difungsikan, termasuk eks kantor bupati dan eks kantor DPRD Loteng, juga perlu diperjelas pemanfaatannya.

Untuk Aerote, politisi Partai Gerindra tersebut menyarankan agar dapat dibangun dan dikelola lebih baik, yakni dengan menggunakan tenaga profesional.

Sedangkan untuk eks kantor bupati dan eks kantor DPRD, agar diperuntukkan sebagai mall atau pusat perbelanjaan masyarakat atau yang lainnya.

Usulan pembentukan Pansus aset itu disambut baik Pemerintah Kabupaten Loteng karena selama ini masih banyak aset-aset yang terbengkalai.

Plt Sekda Loteng HL. Idham Khalid mengatakan, usulan pihak legislatif tersebut sangat baik, karena pemanfaatan dan pengelolaan aset merupakan persoalan yang dihadapi pemerintah sejak lama.

Diakuinya, beberapa aset daerah yang tidak bersertifikat maupun yang sudah bersertifikat diklaim warga. Hal tersebut tentu merupakan persoalan yang perlu segera diselesaikan.

Adapun aset berupa eks kantor dinas, akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Misalnya eks kantor dinas sosial akan dibuat angkringan atau tempat nongkrong warga Loteng.

Sementara kantor eks Dispora sebagai pusat oleh-oleh dan eks kantor pendapatan akan dimanfaatkan sebagai tempat Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Darma Wanita, dan PKK, begitu juga aset lainnya akan dikelola semaksimal mungkin. (dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.