Komisi IV Bantu Penyaluran Dana PIP di SDN 2 Jango

oleh -47 views
Komisi IV mendatangi SDN 2 Jango Janapria

LOMBOKSATU.com – Dugaan penyalahgunaan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SDN 2 Jango, Kecamatan Janapria mendapat perhatian serius Komisi IV DPRD Lombok Tengah.

Selasa (13/04/2021), Komisi IV mendatangi SDN 2 Jango. Kedatangan para wakil rakyat yang dipimpin HM. Supli tersebut untuk membantu penyaluran sisa dana PIP kepada sejumlah wali murid.

Sebelumnya para wali murid menolak dana PIP dari kepala sekolah lantaran sudah diambil tanpa sepengetahuan mereka. Namun setelah diberikan penjeladan oleh HM Supli, para wali murid akhirnya berubah pikiran dan mau menerima dana yang dititipkan kepala SDN 2 Jango tersebut.

Di hadapan wali murid Suplai menyampaikan telah menerima titipan dana dari Kepala SDN 2Jango pada hari Rabu tanggal 7 April lalu sejumlah Rp 23.575.000.

Politisi PKS itu menambahkan, karena penyaluran dari awal sudah ada kejanggalan, maka jalan terbaik adalah membagi rata sisa uang yang ada. Mengingat dana tersebut merupakan hak bagi para siswa siswi penerima bantuan yang dititipkan oleh pemerintah pusat melalui PIP.

Adapun mekanisme penyaluran PIP melibatkan pihak Bank, Komite, dan Kepala Sekolah. Jika para wali murid merasa ada kejanggalan yang terjadi dalam sistem penyaluran, dipersilahkan untuk menelusurinya lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya berjanji akan membentuk tim investigasi untuk menelusuri siapa sebenarnya yang melakukan kesalahan, apakah pihak hank, kepala sekolah atau komite. Jika nanti ditemukan fakta kejanggalan, pihaknya menyarankan agar dilaporkan ke pihak berwajib.

“Bentuk tim investigasi, jika nanti ditemukan kenjanggalan silahkan dilaporkan,” tegas Supli.

Setalah mendengar penjelasan dari Ketua Komisi IV sejumlah wali murid yang hadir dalam kesempatan tersebut akhirnya sepakat menerima sisa dana PIP yang dititipkan pihak sekolah lewat Komisi IV DPRD Loteng.

Salah seorang wali murid, yakni Awan mengaku pihak sekolah memberikan dana sebesar Rp 31.500.000 (Tiga Puluh Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dan kemudian disalurkan oleh komite secara bertahap. Tetapi jumlah yang diberikan komite tidak sesuai dengan yang tertera di buku rekening. (dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.