Bupati Harapkan Lahan-Lahan Strategis tidak Dijual

oleh -266 views
Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT

LOMBOKSATU.com – Banyaknya lahan-lahan strategis yang dikuasai investor asing mendapat perhatian serius dari Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT.

Menurutnya, lahan-lahan strategis seperti di kawasan wisata seharusnya dikuasai dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat lokal sehingga pihaknya mengimbau warga pemilik lahan tidak menjual lahannya kepada pihak luar.

Ke depan pihaknya berharap ada regulasi yang mengatur penjualan lahan strategis di Lombok Tengah. “Sekarang ada wacana DPRD membuat aturan larangan penjualan lahan strategis. Ini tentu sangat positif untuk masyarakat kita,” kata Suhaili, Sabtu (31/01/2021).

Meski ia menyadari penerapan regulasi ini tidak akan mudah, mengingat karakter masyarakat Lombok Tengah yang cepat tergiur dengan tawaran uang dalam jumlah besar.

Dikatakan, melarang orang membeli sesuatu yang diinginkan memang tidak bisa dilakukan karena merupakan hak individu. Hanya saja mungkin dengan adanya Peraturan Daerah (Perda), pemerintah bisa mengatur proses jual beli sehingga tidak merugikan masyarakat.

Dalam hal ini masyarakat diminta mencontoh Provinsi Bali yang melarang jual beli lahan-lahan strategis di Bali, melainkan dengan sistem kontrak.

“Sistem kontrak seperti Bali itu sangat tepat. Masalahnya kita masih pembenahan menuju pusat wisata dunia. Tapi paling tidak usulan pembuatan Perda ini bisa dipertimbangkan,” pungkasnya. (Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.