Pansus Sepakat, Jabatan Kades Tiga Periode

oleh -106 views

LOMBOKSATU.com – Anggota Pansus DPRD Lombok Timur, Abdul Muhid, SH, MH menegatakan, sidang penetapan Peraturan Daerah tahun 2015 tentang Tata Laksana Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa telah mencapai sepakat untuk ditetapkan saat sidang pada hari Selasa (01/09/2015) kemarin.

“Kami sepakat dengan eksekutif dalam hal ini BPMPD untuk menetapkan Perda tentang Tata Laksana Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa,” terang anggota dewan dari Dapil II Lotim ini pada wartawan, Jumat (03/09/2015) di Selong.

Abdul Muhid

Dalam Perda itu kata Muhid, pengangkatan kepala desa diatur bahwa kepala desa dibolehkan terpilih kembali hingga tiga periode berturut-turut dengan tetap masa bhakti 6 tahun dalam satu periode. “Pembuatan dan penetapan Perda ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 112 tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa,” paparnya.

Tidak hanya itu, bagi kepala desa yang sudah selesai 3 periode, kemudian ada jeda (berhenti menjabat) 1 periode, diperbolehkan mencalonkan diri kembali serta jika terpilih kembali, boleh mengikuti pencalonan kembali hingga 3 periode lagi.

Disebutkan, Perda itu juga mengatur, segala pembiayaan dalam proses pemilihan kepala desa akan dibebankan kepada APBD II dan APBDes. Jadi Perda ini mengatur, bahwa tidak boleh lagi adanya pungutan biaya pendaftaran bagi setiap calon kades.

Perda ini juga mengatur tentang tata laksana sengketa dalam pemilihan kepala desa untuk mengantisipasi kecenderungan timbulnya gejolak pasca Pilkades yakni harus dibentuk Panitia Pengawas Pilkades yang selama ini panitia Pilkades juga berfungsi sebagai pengawas. “Di kabupaten akan dibentuk tim khusus yang menangani sengketa Pilkades yang diangkat melalui Surat Keputusan (SK) Bupati,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.