Keren…! Lombok Timur Punya Desa Wisata Cerdas dan Smart Homestay

oleh -1.382 views
Homestay smart
Peluncuran desa wisata cerdas dan homestay smart di Desa Loyok

LOMBOKSATU.com – Keren… Pertama di Lombok Timur hadir Desa Wisata dengan brand Desa Wisata Cerdas dan Smart Homestay.

Terobosan baru dalam pengembangan wisata ini sebagai bagian terwujud atas kerja sama Pemerintah Lombok Timur dengan Universitas Gunadarma Jakarta.

Sekda Lombok Timur HM Juaini Taofik bersama Rektor Universitas Gunadarma E.S. Margianti beserta rombongan, Sabtu (29/10/) meluncurkan Desa Wisata Cerdas di Desa Loyok Kecamatan Sikur.

Selain meluncurkan desa wisata cerdas, kunjungan Rektor Universitas Gunadarma ini sekaligus mempererat kerja sama kedua pihak untuk mewujudkan desa wisata yang lebih baik dan maju.

HM Juaini Taofik pada kesempatan tersebut mengingatkan pengembangan pariwisata harus dengan konsep berkelanjutan sehingga dapat bertahan lama.

Dengan demikian, siapapun jadi kepala desa, camat maupun bupati, serta apapun kegiatan di desa tersebut, pariwisatanya harus berkelanjutan.

Karena itu, kualitas sumber daya manusia dalam pengembangan pariwisata sangat dibutuhkan guna menjaga eksistensinya.

Ia optimis, Loyok dapat mengembalikan kejayaan masa lalu, utamanya berkat keterlibatan perguruan tinggi dalam pengembangan Loyok sebagai desa wisata pintar.

Hal tersebut mengingat potensi dan eksistensi Loyok sebagai salah satu cikal bakal desa wisata di Lombok Timur yang identik dengan karya gerabahnya.

Ia juga berharap kerja sama dan komunikasi Pemda Lombok Timur dengan Universitas Gunadarma berjalan dengan baik sesuai kesepakatan yang telah ditandatangani.

Rektor Gunadarma E.S. Margianti juga berharap dapat bersama-sama melakukan pengembangan terhadap program-program yang telah disepakati, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Ia juga menjelaskan bahwa UG membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi masyarakat Lombok Timur yang hendak meningkatkan kualitas pendidikannya di UG melalui beasiswa S1, S2, dan S3.

Usai peluncuran desa wisata cerdas, dilanjutkan dengan peresmian Smart Homestay Desa Loyok dengan brand Smart Homestay. Para pengunjung cukup menekan tombol virtual melalui smartphone.

Smart Homestay merupakan penginapan yang menerapkan teknologi Internet Of Things (IoT). Setiap bagian dari homestay tersebut seperti lampu, gagang pintu, terminal listrik, CCTV dan peralatan pendukung lainnya dapat diatur dan dikendalikan melalui telpon pintar.

Penerapan teknologi ini, selain memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan bagi pengunjung sejak proses pemesanan hingga checkout, juga berdampak terhadap efisiensi baik bagi pengunjung maupun pengelola.

Selain mencakup pengembangan dan pemanfaatan SDM untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, kerja sama Pemda Lombok Timur dengan Universitas Gunadarma.

Kerja sama itu juga meliputi pengembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan potensi dan layanan pemerintah, juga pengambangan desa wisata.