Dewan Minta Pemda Lebih Peka Terhadap Kebutuhan Petani

oleh -309 views
Tanam
aktivitas pertani menanam padi

LOMBOKSATU.com – Kabupaten Lombok Tengah menyimpan potensi luar biasa, khususnya petanian. Namun dibalik potensi tersebut, muncul beberapa persoalan yang memerlukan campur tangan pemerintah untuk ikut menyelesaikan problem di masyarakat, salah satunya minimnya harga komuditas pertanian . Hal itu diungkapkan anggota DPRD Lombok Tengah, Umar Tarip.

“Contohnya harga gabah sangat murah, untuk itu petani membutuhkan bantuan alat pengering. Sehingga harga jual produksi pertanian mampu ditingkatkan,” Kata Tarip, Jumat (14/10/2022).

Belum lagi keluhan semakin sulitnya mencari tenaga kerja pertanian, sehingga dibutuhkan alat pertanian yang mampu dioperasionalkan untuk mempermudah menggelola lahan pertanian.

Sementara untuk meningkatkan potensi pertanian, menurutnya diperlukan pembangunan irigasi dan saluran yang memadai, terlebih pada musim kemarau sejumlah wilayah masih dikeluhkan mendapatkan air untuk kebutuhan pertanian.

“Saluran irigasi untuk memenuhi kebutuhan air pertanian sangat penting, apalagi saat musim kemarau masih dikeluhkan sulit mendapatkan air untuk mengaliri sawah,” kata Tarip.

Untuk itu pihaknya berharap kepada pemerintah daerah agar lebih peka terhadap berbagai persoalan tersebut. Bagaimanapun juga lanjutnya, petani merupakan penggerak utama perekonomian, jadi sudah sewajarnya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. (Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.