Hebat…! Desa Kumbang Masuk 10 Desa Terbaik Nasional

oleh -100 views
Penilaian Desa Kumbang yang mewakili lotim
Penilian Desa Kumbang yang masuk 10 besar pada ajang Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa

LOMBOKSATU.com – Hebat…! Desa Kumbang Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB masuk 10 besar dalam ajang apresiasi keterbukaan informasi publik desa, sekaligus mewakili NTB.

Ajang tersebut digelar Komisi Informasi Pusat (KIP) bekerja sama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang penilaiannya berlangsung Jumat (27/08/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik mengakui pentingnya keterbukaan dan akuntabilitas dalam pengelolaan desa yang dapat terwujud salah satunya dengan keterbukaan informasi.

Karena itu, Sekda mengapresiasi pencapaian Desa Kumbang dengan apa yang mewakili Lombok Timur dan masuk 10 desa terbaik di Indonesia dalam hal keterbukaan informasi publik desa.

Ia menegaskan, pemerintah kabupaten sedang mebgupayakan penerapan keterbukaan informasi publik melalui penerapan kota pintar (smart city). Dan penerapan di tingkat kabupaten membutuhkan upaya lebih optimal.

Terkait penilaian, Sekda Juaini berharap saran dan masukan tim penilai untuk perbaikan peningkatan keterbukaan informasi di Desa Kumbang dan berharap desa ini dapat meraih hasil terbaik.

Sekda juga menegaskan, desa yang memiliki sistem informasi desa (SID) relatif lebih tangguh, utamanya pada masa pandemi ini. Terkait perubahan informasi pandemi, ia mengatakan, terus berkembang dan membutuhkan perhatian masyarakat.

Masyarakat di desa yang memiliki SID memiliki kemudahan untuk mengakses informasi tersebut dan berdampak terhadap berbagai aspek. Termasuk ekonomi dan kesehatan mental warganya.

Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi (ASE KI) Pusat Wafa Patria Umma juga berharap Desa Kumbang dapat menjadi yang terbaik. Meskipun daerah lain yang juga mengikuti kegiatan ini memiliki harapan serupa.

Namun begitu ia menegaskan, Desa Kumbang sudah dapat menjadi model bagi pengembangan desa dalam konteks keterbukaan informasi publik. Baik di Lombok Timur maupun di NTB.

Hadir dalam kegiatan yang berlangsung sederhana dan singkat di Halaman Kantor Desa Kumbang ini, Ketua Komisi Informasi Provinsi NTB, tokoh agama, tokoh masyarakat setempat secara luring dan OPD. Sementara desa lainnya secara daring.

No More Posts Available.

No more pages to load.