Keren…! Tete Batu Wakili Indonesia Lomba Desa Wisata Dunia

oleh -47 views
Kadis Pariwisata Lotim H Mugni bicara soal tete batu menuju dunia
Kadis Pariwisata Lotim H Mugni

LOMBOKSATU.com – Keren…! Desa Wisata Tete Batu Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur NTB terpilih mewakili Indonesia dalam lomba wisata desa level dunia (Best Tourism Village) yang diselenggarakan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) tahun 2021.

Tete Batu terpilih bukan tanpa alasan. Dalam catatan sejarah wisata sudah terkenal sejak sebelum kemerdekaan (1925-1930) dengan adanya wisma Raden Soedjono menjadi bukti wisata tua dengan alamnya yang asri dan alami. Terletak di bawah kaki Gunung Rinjani dengan jarak tempuh sekitar 29,26 km dari bandara.

Tete Batu memiliki pesona keindahan panorama pegunungan dan persawahan yang sering menjadi buruan para pecinta fotografer. Keindahan sunsrise dan sunsilk di kala senja seakan memaksa para wisatawan enggan beranjak meninggalkannya.

Selain menyuguhkan panorama indah persawahan dan pegunungan, terdapat pula beberapa air terjun. Wisatawan juga disiapkan sajian wisata budaya dan tradisi. Termasuk sajian kuliner khas Tete Batu atau khas Sasak dengan berbagai pilihan cita rasa.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur H. Mugni mengatakan, Desa Tete Batu adalah sejarah awal wisata di Lotim. Menurutnya semua wisata yang ada di Lotim ini berawal dari Desa Tete Batu, setelah itu muncul Desa Wisata Sembalun dan yang lainnya.

“Dengan alasan itulah kami memilih Desa Tete Batu. Semoga dengan adanya UNWTO ini menjadikan Tete Batu sebagai percontohan bagi desa-desa wisata lain. Dalam lomba ini memang harus satu desa yang diikutkan, namun pasti dampaknya ke desa sebelah,” kata Mugni, Senin (02/08/2021).

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim Muhammad Nursandi mengatakan, jika di kawasan timur Gunung Rinjani terdapat Sembalun, maka di kawasan selatan Rinjani terdapat banyak desa wisata. Di antaranya, Tete Batu, Kembang Kuning, Jeruk Manis dan lainnya.

Ia menyebutkan, terpilihnya Tete Batu ini sangat membanggakan, karena kabupaten lain di Lombok ini terkadang hanya punya pantai atau air terjun. Namun di Lotim ini lengkap semuanya, bahkan 50 persen kawasan Lotim ini berada di Geopark Rinjani.

Sandi menegaskan, dalam menghadapi lomba ini masih banyak dokumen yang harus dipersiapkan yang akan dinilai pada bulan Oktober 2021. “Alhamdulillah kita sudah terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang UNWTO 2021,” ucapnya.

Senada dengan hal itu,
Sementara itu, tokoh penggerak desa wisata NTB, Taufan Rahmadi mengtakan, terpilihnha Desa Tete Batu dalam lomba best tourism village UNWTO 2021 telah mendapatkan prioritas A yakni menjadi perhatian pemerintah terutama dari Kementerian Pariwisata.

Ia menegaskan, lomba ini bukan asal-asalan. Dampaknya bukan hanya bagi daerah atau provinsi, namun akan berefek bagi Indonesia. Oleh karena itu, persiapan lomba skala dunia ini harus benar-benar mempersiapkan dokumen dan perangkatnya dengan teliti dan detail.

Jika Desa Tete Batu menang, kata dia, maka nantinya akan menjadi branding wisata di tingkat dunia. Sebab, saat ini pariwisata memerlukan ajang promosi internasional untuk mencapai market wisata dengan skala yang besar. Hal itu juga sebagai penunjang ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Terpilihnya Desa Tete Batu untuk Indonesia, memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat. Mengingat terdapat 75 ribu desa yang ada di Indonesia, dan Desa Tete Batu akan dilihat nantinya oleh juri di tingkat internasional.

“Salah satu yang menjadi penilaian juri nanti, desa yang masih mempertahankan budayanya, dan salah satunya Desa Tete Batu itu menjadi desa tertua untuk berwisata. Itu dibuktikan dengan sejarah dan peninggalannya di sana,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.