Menelusuri Indahnya Desa Wisata Sugian

oleh -213 views
Pantai Sugian
Keindahan Desa Wisata Sugian

LOMBOKSATU.com – Desa Wisata Sugian Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur merupakan destinasi wisata baru. Belum lama ini, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB ) Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah meresmikannya.

Menelusuri keindajan Desa Sugian ini, banyak hal yang bisa pengunjung temukan. Salah satunya memililiki dua gili yang cukup terkenal yaitu Gili Sulat dan Gili Lawang.

Dua gili ini biasanya menjadi target wisata bagi para turis lokal maupun manca negara karena di dua gili ini, selain menawarkan pemandangan yang eksotik di sana juga banayak tanaman mangrov yang membuat suasana semakin sejuk.

Kepala Desa Sugian L. Mustiadi beberapa waktu lalu mengatakan, dua tahun belakangan ini, pemerintah desa mulai menata tempat-tempat wisata yang ada seperti pembuatan berugak dan penyediaan air bersih dan tempat ibada untuk para wisatawan.

Selain itu, Desa Sugian juga memiliki kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang banyak ikut mengembangkan pariwisata yang ada di Desa Sugian. Seperti bebarapa waktu lalu meraka melakukan penanaman 200 bibit mangrov di Gili Lawang yang bekerja sama dengan Komunitas Karya Desa.

Menurut masyarakat setempat, di dua gili ini tumbuh mangrov yang sanagat sulit untuk di temukan di tempat lain. Sehingga inilah yang menjadi kelebihan desa ini. Selain bisa menikmati indahnya tanaman mangrov, para wisatawan juga bisa ikut menanama tanaman manrov karena di sana menyediakan paket penanamana mangrov untuk pengunjung.

Pengunjung juga bisa menikmati tempat wisata yang lain seperti Pantai Koko Pedek. Pantai ini terletatk kurang lebih 1 kilometer dari Kantor Desa Sugian. Akses ke pantai ini juga cukup bagus dan akan disuguhi suasana pedesaan yang sangat indah.

Pantai ini sudah dilengkapai fasilitas yang memadai bagi pengunjung seperti berugak untuk tempat duduk, mushalla. Soal makan, para pengunjung juga sudah disiapkan menu khas masyarakat desa setempat. Para pengunjung tinggal pilih. Ada ikan bakar hasil tangkapan langsung dari nelayan.

Selain itu, para pengunjung bisa mencoba snorkling untuk bisa melihat keindahan bawah laut yang masih alami dan terjaga. Pengunjung juga bisa mandi di pantai karena di pantai ini selain pantainya dangkal juga ombaknya bisa dibilang tidak ada karena angin yang membuat ombak besar terhalang oleh dua gili yang ada di sebrang.

Masyarakat juga menyiapkan wisata memancing ikan, karena ikan di pantai ini cukup banyak, dan bisa dipancing dari bibir pantai yang tak perlu harus ke tengah pantai.

Kalau bosan pengunjung bisa menyebrang ke gili yang berada dekat dengan Pantai Koko Pedek yaitu Gili Sulat dengan menyewa perahu cukup dengan membayar 30.000 untuk orang dewasa 20.000 untuk anak anak dengan jarak tempuh sekitar 20 menit.

No More Posts Available.

No more pages to load.