Pemkab Loteng Mulai BEGERUSUK Tertibkan Adminduk

oleh -187 views
Bupati Lombok Tengah meluncurkan program BEGERUSUK guna menertibkan Adminduk

LOMBOKSATU.com – Dalam upaya menertibkan dan memudahkan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah mulai meluncurkan program Bersama Kita Gerakkan Mengurus Administrasi kependudukan (BEGERUSUK).

Bertempat di Bollroom lantai 5 Kantor Bupati Lombok Tengah, acara dihadiri Bupati HL Pathul Bahri, Plt Sekda HL Idham Khalid, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan para pejabat terkait lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diadukcapil) Baiq Anita Nindiana dalam sambutannya mengatakan, program BEGERUSUK bertujuan untuk menumbuhkan gerakan membangun sinergi dan kerjasama antara Disdukcapil dengan dinas instansi lain.

Hal ini sebagai bentuk terobosan dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan Adminduk.

“Program Begerusuk ini sebenarnya bukan program baru. Beberapa aksi sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu,” ungkapnya.

Beberapa aksi itu diantaranya, pembukaan loket pelayanan Adminduk di 12 kecamatan, pembukaan loket pelayanan di beberapa fasilitas kesehatan (RSUD, RS Yatofa Bodak dan beberapa Puskesmas), pelayanan keliling sambang dusun, membuka pelayanan kepada kelompok Lansia, Difabel, dan lainnya.

“Program Begerusuk hadir untuk memudahkan pelayanan dengan menyasar semua lini di semua instansi,” terangnya.

Ia menuturkan, permintaan untuk melengkapi Adminduk masyarakat terus ada, dan meningkat setiap hari seiring bertambahnya jumlah penduduk dan perkembangan zaman.

Hal tersebut tentu harus diimbangi dengan pelayanan ekstra dengan berbagai terobosan, salah satunya melalui program Begerusuk. “Kami mohon kerjasama dinas-dinas atau instansi terkait untuk kesuksesan program ini,” harapnya.

Beberapa program yang menjadi bagian program Begerusuk, lanjut Anita misalnya di Dinas Pendidikan, dalam waktu dekat akan dilaksakan kegiatan Dukcapil Goes To School dan beberapa terobosan lainnya.

Hal ini juga tidak lain sebagai upaya menyukseskan program 100 hari kerja bupati dan wakil bupati yang ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri mengakui program ini sangat bagus dan sangat tepat di tengah besarnya harapan masyarakat kepada pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bagian Adminduk.

Bagaimanapun juga kata Pathul, pelayanan Adminduk merupakan hal penting yang dibutuhkan masyarakat. Selama ini Disdukcapil selalu dikeluhkan pelayanannya oleh masyarakat.

“Namun dengan program ini dan beberapa program lain yang sudah dan sedang berjalan, saya yakin semuanya bisa terurai satu persatu,” ucapnya optimis.

Ketua DPC Partai Gerindra Lombok Tengah tersebut juga terus menyemangati para kepala OPD agar terus berkarya dan terus berinovasi. “Dinas-dinas lain kami tunggu gebrakannya,” pungkasnya. (Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.