Siswa MAN 1 Lotim Juara LKTI Nasional 2021

oleh -318 views
Tim LKTI MAN 1 Lotim bersama kepala madrasah

LOMBOKSATU.com – Tim KIR MAN 1 Lombok Timur yang terdiri dari siswa atas nama Yuliana Alfia, Nunung Wardani, dan Zohroini. Ketiganya masih kelas X di MAN 1 Lotim sukses meraih juara harapan dalam
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) pelajar tingkat nasional.

“Lomba yang diselenggarakan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 12-19 April 2021 dengan Judul karya ‘Esayedu: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Game Online demi meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19’,” papar pembina KIR MAN 1 Lotim Bohari Muslim, Senin (19/04/2021).

Tim yang dikomandani Yuliana Alfia ini menuturkan bahwa “EasyEdu” secara sederhananya merupakan aplikasi game online yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan media belajar siswa SD pada masa Pandemi Covid-19.

Hal ini bertujuan untuk menarik minat dan interaksi siswa serta untuk membangun semangat belajar. Disamping itu aplikasi ini memiliki vitur ruang guru dan ruang siswa yang mencakup Mapel Matematika, IPS, IPA, Agama, PKN.

Terdapat berapa fitur di antaranya tombol play, ruang kelas, ruang maple, ruang guru dan siswa, tingkatan kesulitan soal papar siswi asal Pancor yang diiyakan oleh 2 tim siswa lainnya.

Atas capaian prestasi ini M Nurul Wathoni selaku kepala MAN 1 Lotim menyampaikan rasa haru dan bangganya karena siswanya yang baru kelas X ini sudah mampu mengukir prestasi yang luar biasa.

“Kami tentu berharap agar prestasi ini bisa semakin memotivasi siswa untuk terus mengasah kemampuannya untuk mengejar prestasi yang lebih baik lagi kedepannya,” harapnya.

Ia mengaskan, pihak sekolah tentu akan total memberikan dukungan baik dukungan moral termasuk dukungan pembiayaan. “Kita sudah atur dari pembiayaan BOS madrasah,” ungkap kamad berkumis lebat itu.

Kabid Penmad Kanwil Kemenag NTB H Ali Fikri, MM mengapresiasi prestasi itu, karena anak madrasah sudah bisa bicara banyak di pentas nasional dalam prestasi. Tentu prestasi ini tidak lahir secara instan tapi melalui pembinaan yang telaten dari para guru dan dukungan pimpinan serta pembiayaan yang memadai.

“Semoga prestasi MAN 1 ini bisa menginspirasi madrasah lainnya supaya bisa bersama-sama bisa merebut prestasi,” harap Ali Fikri.

No More Posts Available.

No more pages to load.