326 Warga Pengadang Terima Bantuan Sosial Tunai

oleh -138 views
Sejumlah warga saat menerima BST

LOMBOKSATU.com – Sebanyak 326 warga miskin di Desa Pengadang, Kecamatan Praya Tengah menerima Bantuan Sosial Tunai (BST), Kamis (15/04/2021).

Sejak pagi, warga sudah memadati kantor desa untuk memperoleh bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) tersebut.

Kepala Desa Pengadang, Zainal Abidin mengungkapkan, jumlah penerima BST tahun ini jauh menurun dibanding tahun lalu yang mencapai 900-an Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pengurangan ini kata Zainal lantaran sebagian penerima dialihkan ke program BPNT oleh pemerintah pusat. Adapun uang yang diterima melalui BST sebesar Rp 391 ribu yang diserahkan langsung kepada warga sasaran program tanpa diwakili oleh siapapun.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan penyaluran BST berjalan cukup lancar. Kendala yang dihadapi hanya perbaikan data penerima yakni warga meninggal dunia dan ke luar negeri. Sementara dari segi aturan, hanya berubah pada sarat pengambilan dana.

Jika sebelumnya bisa menggunakan keterangan domisili, sekarang harus menggunakan KTP elektronik. “Alhamdulillah tidak ada kendala berat,” kata Zainal.

Kedepan pihaknya berharap penerima BST di desanya bisa ditambah dan dapat dinikmati oleh orang yang tepat. “Perlu diketahui ini program pemerintah pusat, kami di desa hanya penerima manfaat,” pungkasnya. (dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.