Dua Siswi MAN 1 Lotim Berhasil Singkirkan Kompetitornya

oleh -256 views
Pose bersama usai penyerahan piala di MAN 1 Lotim

LOMBOKSATU.com – Dua orang siswi MAN 1 Lazta Pebriana dan Mauli Maiya Alasida Deswita berhasil menyingkir para kompetitor (pesaingnya) pada lomba penulisan cerpen tingkat Provinsi NTB yang digelar Universitas Hamzanwadi.

“Keduanya sukses menggondol piala. Latza meraih juara 1 dan Mauli meraih juara 2. Prestasi yang diraih dua siswi MAN 1 Lotim ini sukses meyakinkan juri dengan kemampuan mereka dalam membuat cerpen,” papar Asminiwati selaku Pembina Sastra MAN 1 Lotim itu, Sabtu (10/04/2021).

Dipaparkan Asminiwati, cerpen karya Latsa Febriana yang meraih juara 1 ini berjudul ‘Kelas Menulis Cerpen’ yang menceritakan tentang seorang anak yang akan ikut berpartisipasi pada sebuah lomba menulis cerpen. Namun anak itu bingung dengan apa yang harusnya dia tulis karena dia belum mempunayi ide untuk menulis.

BACA: MAN 1 Lotim Diapresiasi

Ketika dia sedang berusaha memikirkan ide cerpennya, dia tertidur di meja belajarnya. Ditidurnya anak itu bermimpi guru pelatihnya memarahinya karena dia belum membuat cerpennya, hingga sang pelatih memintanya segera untuk menulis tetap didepan sang pelatih.

Anak itu menulis sembarang kalimat, dimana setiap kalimatnya itu menjadi kenyataan dan ketika anak itu terbangun dari tidurnya, anak itu berpikir akan menulis apa saja yang berada di mimpinya.

Sedangkan Cerpen yang ditulis Mauli Maya Alasida sukses meraih juara 2 berjudul “Ruang Tulisan Imajinasi dalam Pandemi” karya dengan sinopsis cerpen ini mengisahkan tentang seorang keluarga yang terkena PHK di masa pandemi, sejak saat itulah keluarga tersebut mengalami broken home.

Sementara sang anak semata wayangnya mengalami tekanan yang sangat mendalam karena dia tidak bisa lagi mengikuti pembelajaran secara online karena tidak ada dipakai untuk membeli kuota. Ditengah permasalahan yang besar itu, si anak mulai bangkit dan mengembangkan hobinya sebagai penulis hebat dan akhirnya dia menjadi terkenal. Banyak penerbit menerbitkan karyanya dari sanalah dia menghidupi keluarganya.

BACA: Finalis Putri Remaja Indonesia

Kabag TU Kanwil Kemenag NTB H Jaelani, M.Pd mengatakan, prestasi kedua siswi MAN 1 Lotim ini merupakan buah dari pembinaan yang rutin dan semangat pembina pelatih serta siswi yang selama ini terjadi dan terpola di MAN 1 Lotim dengan dukungan penuh dari sisi pembiayaan.

Sementara itu Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni memuji guru-guru yang sekaligus pembina yang selama ini membimbing siswa-siswinya sabar sehingga mereka meraih prestasi yang mengharumkan nama madrasah.

“Alhamdulillah hampir semua kegiatan ektra yang di MAN 1 Lotim sejumlah 38 ektra kulikuler dapat menyumbangkan prestasi,” papar Wathoni didampingi pembina sartra Asmiati yang selama ini menjadi mentor kedua siswi yang sekaligus sebagai anggota teather Embrio MAN 1 Lotim itu.

No More Posts Available.

No more pages to load.