Lomba Film Dokumenter, MAN 1 Lotim Raih Juara Umum

oleh -234 views

LOMBOKSATU.com – Pembina Jurnalistik MAN 1 Lombok Timur Bohari Muslim mengatakan, lomba film dokumenter yang diselenggarakan United Nations Children’s Fun (UNICEF) telah menambah perolehan juara siswa-siswi MAN 1 Lotim yang jumlahnya lebih dari 200 juara pada tahun 2020 ini.

“Alhamdulillah prestasi MAN 1 Lotim terasa lengkap diakhir tahun 2020 ini karena sukses meraih juara umum pada lomba film dokumenter dengan tema sanitasi,” ungkap, Bohari Muslim didampingi Toni Hermawan yang merupakan duet pembina pelatih Jurnalistik MAN 1 Lotim, Senin (21/12/2020).

Lomba yang diselenggarakan oleh Unicef dan Bapeda Provinsi NTB itu menyerahan hadiah berupa piala dan dana pembinaan itu dilaksanakan di Campsite Sesaot, 20 sampai dengan 21 Desember 2020.

Disebutkan, judul film yang sukses mengantarkan siswa MAN 1 Lotim ini meraih juara umum adalah Secercah Harapan. Satu film dokumenter yang menceritakan tentang semangat dan perjuangan tokoh muda yang mau membebaskan masyarakat dari sanitasi yang tidak layak menjadi sanitasi yang sehat melalui gerakan arisan jamban.

Film ini digarap sepenuhnya oleh 10 siswa yang terlibat dalam ektra jurnalistik MAN 1 Lotim dengan para pemain berasal dari orang lokal sendiri yakni masyarakat Dusun Buwuh Desa Wakan Kecamatan Jerowaru Lombok Timur.

Pengambilan film ini dilakukan selama kurang lebih seminggu dengan ketentuan pengambilan gambar video hanya boleh dilakukan dengan handphone sehingga terdapat kesulitan tersendiri.

Penggarapan film dalam lomba ini dilakukan lebih dari satu bulan karena disertai dengan pelatihan oleh tim Unicef NTB dan tim Bappeda NTB, dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

“Dalam lomba ini, MAN 1 Lotim meraih 3 kategori juara yakni sutradara terbaik, tim video terbaik dan vidio terbaik ketiga,” papar Bohari Muslim.

Mendapat informasi siswanya meraih juara umum, Kepala MAN 1 Lotim, M Nurul Wathoni mengaku sangat bangga atas torehan prestasi demi prestasi yang diraih oleh siswanya.

“Terima kasih pada Unicef NTB, Bappeda NTB, dan Dikes Provinsi NTB serta pihak lain yang telah menyelenggarakan lomba ini sehingga dapat memberikan bekal bagi siswa kami dalam penguasaan pada teknik membuat film,” ucapnya.

Selain memberikan pengetahuan teknik pembuatan film, terdapat pula aspek pendidikan tentang peran serta siswa MAN 1 Lotim membantu pemerintah mengkampanyekan sanitasi yang sehat di masyarakat.

Kakanmemag Lotim H Sirojuddin mengatakan, ragam prestasi siswa MAN 1 Lotim ini diraih berkat kesungguhan dari tim pembina dan keuletan siswa dalam mengikuti bimbingan terutama dukungan penuh sekolah dan keberpihakan anggaran pada semua kreasi guru dan siswa untuk melahirkan prestasi.

“Selamat dan satu kata untuk MAN 1 Lotim, kalian hebat bermartabat. Semoga ini mampu ditiru oleh madrasah lainnya di NTB khususnya Lotim,” harapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.