MAN 1 Lotim Wakili NTB Olimpiade Ekonomi Syariah Nasional di Kendari

oleh -872 views
ekonomi
Pejabat BI bersama Siswa MAN 1 Lotim yang mengikuti Olimpiade Ekonomi Syariah Nasional di Kendari

LOMBOKSATU.com – Tim Study Club Ekonomi MAN 1 Lombok Timur terpilih melaju ke babak final olimpiade ekonomi syariah tingkat nasional.

Melajunya siswa MAN 1 Lotim mewakili NTB pada lomba dengan penyelenggara Bank Indonesia tahun 2024 sekarang ini setelah menyingkirkan kompetitornya.

Pembina MAN 1 Lotim M Zakaria mengatakan Bank Indonesia rutin melaksanakan  lomba ini tiap tahun. Ratusan sekolah atau madrasah dari berbagai penjuru tanah air turut berkompetisi.

Pada tahun ini MAN 1 Lombok Timur mengirimkan 2 tim binaannya. Namun yang beruntung terpilih setelah melalui seleksi tahap 1 dan 2 adalah tim B.

“Tim ini digawangi oleh siswa atas nama Muhammad Faidi Tamim XI MIIA 2, Syahnaz Hidayatullah XI MIIA 1 dan Syarah Fadila Assidiqia X-H,” ungkapnya, Jumat (05/07/2024).

Zakaria menegaskan seleksi lomba olimpiade ekonomi syariah ini melalui tiga tahapan, seleksi pertama dan kedua secara online (CBT) dengan model tes.

Soalnya pilihan ganda dan cerdas cermat dan lombanya bertim dengan materi soal menyangkut ekonomi mikro dan makro.

“Termasuk soal yang cukup banyak terkait teori dan implementasi ekonomi syariah di Indonesia,” sambung pembina yang akan mendapingi lomba di Kendari nanti.

Pihaknya sangat bersyukur karena dari ratusan sekolah jenjang SMA, MA, dan SMK se-Indonesia, Tim MAN 1 Lombok Timur terpilih menjadi finalis.

“Ahamdulillah berhak mengikuti pinal lomba di Kendari tepatnya di Gedung The Park Kendari Kota Kendari Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Untuk pembiayaan sepenuhnya dari pihak panitia Bank Indonesia dan tentu pihak madrasah akan terus memberikan support.

Kepala MAN 1 Lombok Timur M Nurul Wathoni menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya. Keberhasilan ini tidak lepas dari binaan dua guru terbaiknya M. Zakaria dan Iftaha Nasthia.

Ikhtiar guru pembina dan pembimbing serta siswa melalui pembinaan ektrakurikuler di madrasah telah menuai hasil melaju ke tingkat nasional.

“Kami atas nama pimpinan MAN 1 Lombok Timur juga menyampaikan terima kasih pada pihak Bank Indonesia,” ucapnya.

Olimpiede ini memberikan ruang bagi siswa untuk mengasah minat bakatnya dalam bidang ekonomi dan syariah termasuk pembiayaan secara total oleh BI.

Meski pihak Bank Indonesia telah pembiayaannya, pihak madrasah tetap memberikan support baik moral dan material nantinya.

Suport itu berupa tambahan uang saku dan reward pada capaian prestasi siswa melalui program tebus prestasi.

Pihak madrasah mengaku tetap komit dan total dalam memberikan dukungan dan ruang bagi siswa untuk terus mengasah minat bakatnya.

“Baik akademik  dan non akademik untuk bisa melahirkan siswa yang mandiri dan berprestasi hingga tembus ke kancah nasional,” ungkap Wathoni.