Pemkab Lombok Timur Gelar Rapat Evaluasi Kinerja

oleh -46 views
pj bupati
Pj Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik

LOMBOKsatu.com – Pj Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik mengingatkan pentingnya bukti dukung terhadap 10 indikator dan 106 sub indikator yang menjadi titik tekan pemerintah pusat.

Hal itu disampaikan Pj Bupati saat memimpin rapat evaluasi kinerja yang berlangsung Senin (15/01/2024) guna mempercepat laporan kinerja triwulan 2 dan menyempurnakan laporan kinerja triwulan 1.

Ia menegaskan sejumlah isu yang menjadi perhatian pemerintah pusat. Salah satunya adalah pengangkatan Pjs. Kepala Desa yang berasal dari PNS agar hal tersebut dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat.

Ia berharap Pjs. Kades yang kinerjanya akan dievaluasi secara berkala tersebut nantinya dapat mengoptimalkan percepatan berbagai program startegis seperti penurunan stunting, kemiskinan ekstrim, dan program lainnya.

Sementara untuk mempercepat penetapan Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), ia berharap pekan ini seluruh PA dan KPA sudah rampung sehingga pengadaan barang dan jasa sudah dapat dimulai.

Demikian juga pengendalian inflasi daerah yang menjadi fokus pemerintah pusat, diharapkan dapat terus dipantau dan dikendalikan.

Terkait pengendalian inflasi daerah, inspektur Daerah Hj. Baiq Miftahul Wasli mengingatkan pentingnya memperbarui data ketersediaan barang, distribusi, serta keterjangkauan harga secara berkesinambungan di samping koordinasi yang baik seluruh tim pengendali inflasi.

Pemerintah pusat telah menekankan agar mengalokasikan belanja tidak terduga (BTT) untuk pengendalian inflasi daerah. Pelaksanaan tiga program prioritas seperti pemenuhan UHC, Mall Pelayanan Publik, dan strategi penurunan stunting pun diingatkan untuk lebih dipertajam dalam pemenuhan bukti dukung dan struktur anggaran.