Wujudkan Petani Sejahtera, Bupati Luncurkan Asuransi Maiq Meres

oleh -167 views
Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri saat meluncurkan asuransi Maiq Meres bersamaan dengan Kampung Horti

LOMBOKSATU.com – Janji pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah (Maiq Meres) saat kampanye mulai terbukti. Hari ini (Kamis, 27/05/2021), bupati terpilih  pada Pilkada 2020 lalu meluncurkan kartu asuransi Maiq Meres.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lombok Tengah Taufikurrahman Puanote mengatakan, kartu asuransi petani Maiq Meres dijajarkan untuk membantu petani ketika mendapatkan musibah ataupun kerugian, baik yang ditimbulkan oleh bencana alam atau pun kriminalitas.

Dalam program asuransi ini pemerintah daerah telah menggandeng asuransi Jasindo sebagai penerima klaim dari petani. Dalam hal ini petani diharuskan menabung di asuransi tersebut untuk mendapatkan premi.

Selanjutnya pemerintah daerah akan  memberikan subsidi ke petani maksimal Rp 6 juta bagi yang mengalami gagal panen dan maksimal 10 juta bagi ternak petani yang hilang. Namun sebelum mendapatkan klaim asuransi petani diwajibkan untuk membuat laporan kepada kepolisian bagi hewan ternak yang hilang.

Sementara bagi yang gagal panen, para petani harus melapor dan ke pertanian. Termasuk ternak yang mati karena sakit, untuk dicek terlebih dahulu oleh dinas apakah layak diklaim atau tidak.

Ia menegaskan, khusus untuk ternak yang mendapatkan klaim asuransi adalah hewan ternak besar seperti sapi, kerbau dan kuda. Sementara kambing dan unggas tidak dapat klaim asuransi.

Sejauh ini lanjutnya, petani yang sudah terdaftar masuk asuransi di Dinas Pertanian dan Peternakan kurang lebih 180-an, dan 180-an lebih di Dinas Ketahanan Pangan.

Sementara jumlah petani di Kabupaten Lombok Tengah cukup banyak, sehingga pemerintah daerah setiap tahun akan menambah jumlah pemegang premi asuransi.

Adapun yang berhak terdaftar sebagai peserta asuransi adalah mereka yang memiliki lahan atau anggota kelompok tani yang sudah tercatat atau terdaftar di di Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Tengah. (Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.