Sukses Gelar Lomba Nasional, Kakanwil Kemenag Apresiasi MAN 1 Lotim

oleh -257 views
Foto: Serba-serbi penguman lomba oleh Tim Panitia GERAK MAN 1 Lotim, Senin 17 Mei 2021

LOMBOKSATU.com – Kakanwil Kemenag NTB DR H Zaidi Abdad memberikan apresiasi kepada Madrasah Aliah Negeri 1 Lombok Timur (MAN 1 Lotim) yang sukses menggelar lomba nasional secara virtual dengan peserta 500-an sekolah/madrasah.

“Saya sangat bangga pada kreasi dan kinerja tim prestasi MAN 1 Lotim yang sudah sukses menggelar lomba bergengsi secara virtual dan gratis lagi,” ungkap Zaidi, Senin (17/05/2021).

Ia menyebutkan, event yang digelar MAN 1 Lotim ini patut dijadikan contoh oleh madrasah lainnya di NTB. Ia juga menyebut, yang luar biasa dari lomba ini bukan saja jumlah pesertanya yang banyak dari berbagai wilayah se-Indonesia tapi yang juga ikut serta beberapa sekolah non muslim.

“Ini luar biasa, artinya bahwa MAN 1 Lotim juga pada Hari Kartini ini juga bagian dari ikhtiar merawat NKRI,” ungkap kakanwil yang dikenal sebagai hafiz serta qori’ itu.

Lomba Gema Ramadhan dan Hari Kartini (GERAK) yang merupakan event lomba yang digelar tim ORSIMA/OSIS MAN 1 Lotim untuk jenjang SLTA se-Indonesia yang diselenggarakan dalam rangka mengisi bulan Ramadhan 1442H dengan aktifitas yang positif dan dalam rangka memeriahkan Hari Kartini tahun 2021.

Lomba GERAK ini digelar secara online, dimulai sejak 23 April sampai 12 Mei 2021 dengan peserta berjumlah hampir 500 sekolah se-Indonesia mulai dari ujung timur NTT sampai Sumatra dan penguman pemenang lomba Senin 17 Mei 2021.

“Lomba GERAK ini dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya daftar lomba dan hadiah totalnya hampir 10 jutaan yang dibebankan pada anggaran madrasah,” ungkap Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni didampingi Ketua apanitia Farid Mubarak.

Ada 6 jenis mata lomba dalam GERAK ini yakni lomba tartil Alquran, lomba tausiah Ramadhan, cover sholawat putra dan putri, lomba fotograpi serta lomba cipta baca puisi. Adapun para juara yang sukses merebut prestasi pada lomba GERAK ini yakni:

Lomba Fotografi; juara 1 diraih Muhammad Imam Ghozali (SMAN 1 Besuki Jawa Timur), juara 2 Muhammad Faisal (MAN 1 Sumbawa Barat NTB), dan juara 3 Kholifaturrosyida (SMA AL Ma’soem Bandung Jawa Barat).

Lomba Tartil Alquran; juara 1 diraih Halqi Zarkasih (MAN 1 Sumbawa Barat NTB), juara 2 Iqbal Aris Al Fudholy (MA darul Qur’an Pasuruan Jawa Timur), dan juara 3 Sandi Abdillah (MAN 1 Kota Malang Jawa Timur).

Lomba Cipta Baca Puisi; juara 1 diraih Nada Citra Ambar Wangi (SMAN 1 Pulung Jawa Timur), juara 2 Sharifah Hayati (SMAN 1 Sabak Auh Riau),vdan juara 3 Nurul Aisyah Oktavia (SMAN 1 Sape NTB).

Lomba Tausyiah Ramadhan; juara 1 diraih Haris Arfhsyadz Azka Maula (Madrasah Mu’alimin Jombang Jawa Timur), juara 2 Ilham Fadhilah Sitorus (MAN Asahan Sumatra Utara), dan juara 3 Indah Toyyiba (MAN 2 Padang Sidimpuan Sumatra Barat).

Lomba Cover Sholawat Putra; juara 1 diraih Wahyu Ramadhan (MA Hasanuddin Bandar Lampung), juara 2 Zulkarnaen (MAN 1 Sumbawa Barat NTB), dan juara 3: Muhammad Riyan Fadli Khisbulloh (MAN 3 Banyuwangi Jawa Timur).

Lomba Cover Sholawat Putri; juara 1 diraih Amalia Siti Fatimah (SMAN 1 Tasikmalaya Jawa Barat), juara 2 Mafasyafa Annisa Zukhruff (SMK Telkom Malang Jawa Timur), dan juara 3 Annisa Dwi Ramadhanti (MA Muallimat NW Pancor NTB).

Terkait suksesnya event nasional ini, Wathoni mengucapkan terima kasih atas keikutsertaan para pelajar hebat se-Indonesia dan selamat pada para juara termasuk kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya lomba GERAK ini.

Ia berjanji untuk mengagendakan lomba GERAK ini dan akan menjadi agenda tahunan kedepan sebagai bagian dari mensyiarkan kiprah MAN 1 Lotim dikancah nasional.

No More Posts Available.

No more pages to load.