Lintasan Sirkuit Dihotmix Juni, Dewan Ingatkan Pemprov tidak Lengah

oleh -269 views
DPRD Provinsi NTB melakukan kunjungan ke Sirkuit Mandalika

LOMBOKSATU.com – Lintasan sirkuit Mandalika segera dikerjakan. Dalam kunjungan rombongan DPRD Provinsi NTB, Rabu (24/02/2021) terungkap bahwa pengerjaan hotmix lintasan dijadwalkan mulai bulan Juni mendatang.

“Oktober tahun ini lintasan sudah clear,” ungkap Anggota DPRD Provinsi NTB, H.Ahmad Fuadi dalam konferensi Persnya bersama rombongan usai melakukan peninjauan lapangan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Dikatakan Fuad, progres pembangunan sirkuit Mandalika sangat memuaskan. Hasil pengamatan dan penjelasan dari pihak ITDC, pembangunan sudah mencapai 50 persen. Sedangkan pembangunan Pulman Hotel dan sarana pendukung lainnya baru mencapai 30 persen.

Hebatnya lagi kata Fuad, seluruh material pengerjaan merupakan matrial lokal dengan kelas terbaik. Begitu juga dengan para pekerja, semuanya berasal dari NTB, khususnya Lombok Tengah.

Hal ini kata Fuad patut diapresiasi. Artinya pengerjaan proyek tersebut juga memiliki dampak positif bagi perekonomian masyartakat setempat. “Pengerjaanya pasti menggunakan kwalitas terbaik,” kata Fuad.

Dalam hal ini pihaknya berjani akan terus memantau pengerjaan proyek tersebut sehingga kunjungan semacam ini akan diagendakan kedepan sapai proses akhir pengerjaan.

Sementara itu Anggota DPRD Nusa Tenggara Barat Dapil Lombok Tengah H. Ruslan Turmuzi mengatakan, pengerjaan sirkuit Mandalika harus dikawal dengan baik.

Walaupun sudah cukup baik, namun Pemprov maupun Pemkab Lombok Tengah tidak boleh lengah. Perlu diingat kata Ruslan, pembangunannya bersamaan dengan pengembangan berbagai kawasan strategis di beberapa daerah.

Jika tidak dikawal dengan baik, mungkin saja perhatian pemerintah pusat lebih terarah ke pembangunan di daerah lain sehingga akan membuat sirkuit Mandalika mandek.

Dalam hal ini diperlukan kepiawaian pemerintah provinsi dalam melakukan loby ke pemerintah pusat sehingga keberlangsungan pembangunan sirkuit Mandalika bisa diselesakan.

“Kita bersaing dengan banyak daerah. Kami dari DPRD siap membantu pemerintah provinsi maupun daerah dan semoga kekhawatiran kami tidak terjadi,” kata Ruslan.

Adapun kendala di lapangan, sudah bisa ditangani dengan baik. Termasuk persoalan lahan warga, sudah diselesakan. Ia menjelaskan, pembangunan sirkuit Mandalika merupakan program jangka panjang yang dibagi menjadi dua kategori yakni fisik dan non fisik.

Untuk pengerjaan fisik meliputi konstruksi utama seperti lintasan, infrastruktur di sekitar kawasan dan lainnya. Untuk pengerjaan konstruksi utama ini, merupakan tugas ITDC. Sedangkan bangku, tribun, dan penunjang lainnya disiapkan oleh pihak event orgenizer (EO).

Fasilitas pendukung tersebut hanya akan dipasang saat gelaran moto GP berlangsung dan akan dibongkar kembali setelah selesai balapan.

Sirkuit Mandalika, lanjut Ruslan, tidak hanya menjadi kebanggaan dan peluang emas bagi masyarakat Lombok Tengah dan NTB secara umum.

Salah satu dampak utamanya adalah meningkatnya kunjungan wisata. Dengan estimasi penonton mencapai 100 ribu lebih, secara otomatis seluruh penginapan di NTB akan kebanjiran tamu. Belum lagi saat event-event kecil lainnya, juga akan mendatangkan dampak besar bagi sektor pariwisata.

Selain itu yang paling membanggakan, sirkuit Mandalika akan jadi sirkuit terindah di dunia. Di samping luasnya yang mencapai seribu hektar lebih, lintasan sirkuit Mandalika dibuat melewati berbagai pemandangan menarik, mulai dari danau, gunung, hingga pantai. Hal ini juga akan menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung.

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat mendukung pengerjaan proyek tersebut, salah satunya dengan menjaga kondusifitas wilayah. Sekecil apapun gangguan keamanan khususnya di lokasi pembangunan, diharapkan bisa diselesakan dengan cara musyawarah mufakat tanpa ada hal-hal yang bisa memicu kributan.

“Kalau sedikit dikit ribut mana mau pemerintah membangun. Jadi sekarang semuanya tergantung kita. Kalau mau maju keamanan harus kita jaga bersama,” pungkasnya. (dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.