Tukar Informasi PAD, DPRD Karangasem Kunjungi Lotim

oleh -272 views
Kepala Bapenda Lombok Timur saat menerima kunjungan DPRD Karangasem Bali

LOMBOKSATU.com – Guna bertukar informasi tentang program yang dapat mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karang Asem Provinsi Bali melakukan kunjungan kerja ke Lombok Timur, Senin (15/02/2021).

Selain itu, tujuan kunjungan kerja ke Lombok Timur dalam rangka untuk mencari referensi terkait dengan pembangunan daerah. Ia berharap ada masukan untuk meningkatan PAD dari berbagai sektor pajak yang ada di daerah serta mendapakan informasi baru yang dapat diterapkan di Kabupaten Karangasem.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lombok Timur Muhammad Azlan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan itu. Menurutnya, kunjungan kerja yang bertujuan saling bertukar informasi terkait upaya peningkatan pendapatan daerah melalui pengelolaan pajak hotel dan restaurant diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan PAD Lombok Timur.

Pada kesempatan itu, Muhammad Azlan menyampaikan hampir seluruh daerah di Indonesia mengalami penurunan pendapatan asli daerah (PAD) sebagai dampak pandemi Covid-19 yang melanda seluruh pelosok negeri dan dunia sehingga beberapa sektor yang menjadi sumber PAD direlaksasi.

Dipaparkan, target PAD Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2020 sebesar Rp. 363,2 miliar dan terealisasi sebesar Rp. 325,8 miliar atau setara 89,72%. Hal tersebut disebabkan sejak pandemi covid-19 sekitar bulan Maret 2020, pemerintah Lombok Timur mengambil kebijakan memberikan relaksasi retribusi para pedagang di pasar tradisional dan pengusaha hotel.

“Khusus untuk pajak hotel dan restoran, target yang dibebankan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2020 sebesar Rp 814 juta dan yang bisa direalisasikan sebesar Rp 286 juta atau 35,18 persen,” ungkapnya.

Pajak restoran yang memiliki target Rp 3,7 miliar capaiannya melampaui target yaitu sebesar Rp. 3,9 miliar atau 103%. “Capaian ini merupakan hasil kerja keras teman-teman Bapenda dan partisipasi aktif para pengusaha restoran dan rumah makan di Kabupaten Lombok Timur,” ungkapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.