Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkab Diharuskan Menyesuaikan Anggaran

oleh -177 views
Kepala Bagian Humas Setdakab Lombok Tengah HL. Herdan (kiri) saat konferensi pers

LOMBOKSATU.com – Kasus covid-19 di Lombok Tengah semakin mengkhawatirkan. Dalam konferensi Pers, Kamis (11/02/2021), Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Lombok Tengah HL. Herdan mengungkapkan adanya lonjakan kasus covid setiap harinya.

Akibatnya, status Lombok Tengah yang sebelumnya kuning, berubah menjadi orange. Jika terus seperti ini, tidak menutup kemungkinan akan kembali naik status menjadi merah.

Hal ini mendorong pemerintah daerah terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan ke masyarakat dengan harapan bisa mengurangi penularan dan penyebaran pandemi covid-19.

Peningkatan status lanjut Herdan tidak hanya terjadi di Lombok Tengah, tapi merata di seluruh kabupaten/kota se Indonesia.

Sebagai upaya menyikapi hal ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengeluarkan surat edaran (SE) yang mengharuskan penyesuaian anggaran untuk penanganan covid-19 seperti tahun sebelumnya.

Bagi pemerintah kabupaten (Pemkab) kondisi ini tidak ubah seperti menelan pil pahit. Pasalnya, dengan adanya penyesuaian anggaran, tentu banyak pelaksanaan program yang tertunda. Namun demikian pemerintah daerah sebagai pelayan masyarakat tentu akan berusaha merumuskan hal ini dengan sebaik mungkin.

Nantinya, penyesuaian diupayakan pada program yang tidak terlalu urgen. Sementara program atau kegiatan yang sifatnya mendesak untuk kepentingan masyarakat luas, sebisa mungkin akan dipertahankan.

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat mendukung upaya pemerintah, salah satunya mematuhi anjuran penerapan protokol kesehatan.

Seperti diberitakan sebelumnya, jumlah kasus positif baru di Lombok Tengah mencapai puluhan orang setiap hari. Bahkan para pegawai pemerintahan juga tidak luput dari keganasan wabah ini. (dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.