Rakor Baznas, Bupati Lombok Timur Tekankan 5 Poin

oleh -337 views

LOMBOKSATU.com – Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Timur pada Rabu, (06/01/2021).

Rapat koordinasi dengan model dialog tersebut dimaksudkan menghimpun masalah yang dihadapi Baznas selama menjalankan program kerja.

Rapat koordinasi ini menyertakan pula Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Dinas PMD. Kehadiran keduanya mengingat banyaknya muzakki yang ada di dua sektor tersebut.

Bupati membuka rapat koordinasi ini dengan menyampaikan 5 poin penting yang menjadi hakikat dibentuknya Baznas, yaitu menjamin kepastian dan kedisiplinan pembayaran zakat.

Kedua, menjamin sasaran yang tepat dalam penggunaan harta zakat menurut skala prioritas yang ada di daerah. Ketiga, pengembangan syiar Islam dalam semangat penyelenggaraan pemerintahan yang islami. Keempat, terbangunnya data Muzakki (yang memberikan zakat) dan Mustahik (yang menerima zakat).

Terakhir, laporan dan pertanggung jawaban yang profesional. Karenanya, Baznas juga dituntut untuk melaksanakan 5 hal tersebut dengan baik.

Bupati berharap Baznas dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerah, diantaranya dengan membantu perbaikan peningkatan IPM Lombok Timur, mengubah status mustahik menjadi muzakki, serta bekerja professional dan transparan.

Meningkatkan kinerja Baznas Lombok Timur Bupati menargetkan penerimaan ZIS sebesar Rp. 25 M/tahun. Hal tersebut guna lebih meningkatkan prospek baznas ke depan.

“Muzakki di kabupaten Lombok Timur ini banyak yang belum tersentuh, maka dari itu kita berikhtiar bersama untuk menyentuhnya”.

Untuk mencapai target tersebut, bupati menekankan semua pihak harus bergerak. Baznas diharapkan untuk memperbanyak kegiatan sosialisasi di kecamatan dan desa.

Sosialisasi dianggap penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang kewajiban zakat. Selain itu konsolidasi di tubuh Baznas juga dinilai Bupati penting di samping koordinasi dengan semua pihak terkait.

Bupati juga memberikan sejumlah arahan, termasuk kepada camat yang hadir pada kesempatan itu, agar memberikan dukungan terhadap Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di wilayah masing-masing.

No More Posts Available.

No more pages to load.