Covid-19, Calon Jamaah Haji Bakal Laksanakan Manasik Online

oleh -154 views

LOMBOKSATU.com – Kepala Seksi Pembiayaan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Makinuddin, ME menegaskan, pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) ke tanah suci Makkah tahun ini, kemungkinan akan diberikan bimbingan manasik haji melalui online.

Kepala Seksi PHU Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Makinuddin, ME

Namun demikian, pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Agama, mengingat saat ini bangsa sedang dilanda pandemi covid-19.

“Meski keputusan dari kementrian pusat belum keluar, namun proses pelayanan pembiayaan ataupun lainnya tetap berjalan, untuk menyelesaikan segala dokumen sesuai dengan regulasi yang ada,” jelas Makinuddin di ruang kerjanya, Rabu (29/04/2020).

Ditegaskan, setelah selesai proses pelayanan untuk pembiayaan maka JCH ini akan diberikan pembinaan manasik mengingat waktu pelaksanaan haji akan segera berlangsung.

Pelaksanaan manasik online ini diakuinya mememang cukup berat terlebih lagi JCH banyak yang tidak mengenal teknologi. Namun demikian pihaknya akan mencoba melakasanakan, sesuai dengan petunjuk teknis atau panduan dari kementerian pusat.

Di masa pandemi korona ini, menurutnya, untuk pembinaan manasik haji secara berkumpul dalam suatu tempat akan ditiadakan, namun diganti dengan manasik haji secara online.

Ditegaskan, kendala terbesar manasik haji online itu pada tingkat pemahaman CJH yang tidak semuanya merata, sehingga ini yang menjadi perhatian dari Kemenag terkait seperti apa bentuk pendampingan terhadap CJH.

Di tengah pandemi covid-19 ini, ia mengaku belum tahu secara pasti, apakah pemberangkatan tahun ini jadi atau tidak. Pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

“Penjelasan kementerian agama, ada tiga kemungkinan, pertama berangkat secara normal, berangkat setengah, atau tidak sama sekali, kita masih menunggu,” ungkapnya.

Meski demikian, jamaah telahnl memaklumibhal itu. “Mereka malah mengatakan siap siap saja, yang penting sudah lunas. Batas pelunasan tahun ini tanggal 30 April besok,” ungkap Makinuddin.

Sementara untuk jumlah Kouta JCH Lombok Timur tahun 2020 ini berjumlah 824 dari 4500 lebih kuota haji di Nusa Tenggara Barat. Adapun jumlah JCH yang sudah melunasi sampai hari Senin kemarin berjumlah 704. “Kuota Lombok Timur tetap terbanyak di NTB,” tandasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.