Syarat Baru Bikin SIM, Harus Tes Psikologi

oleh -495 views

LOMBOKSATU – Surat izin mengemudi (SIM) menjadi syarat utama bagi pengedara roda dua atau roda empat. Untuk mendapatkan SIM diperlukan syarat-syarat yang berlaku seperti tes berkendara, KTP, dan surat keterangan sehat, kini ada syarat tambahan yakni tes Psikolog.

Aturan baru berupa tes psikologi mulai diberlakukan di Polres Lombok Timur, Senin 24 Juni 2019. Hal ini membuat sejumlah pemohon yang mengajukan sempat bingung. Sejumlah pemohon menilai pihak Satlantas belum siap dengan aturan baru itu karena pelayanan di tempat tes paikologi itu hanya dilayani satu orang.

“Kami tidak tau informasi, tiba-tiba ada aturan baru tes psikologi, sementara pelayanan di tempat tes psikologi sangat buruk, dari ratusan pemohon dilayani satu orang,” ungkap Haeruman, salah seorang pemohon, Senin (24|06|2019).

Kasatlantas Polres Lotim, AKP Ryan Faisal menjelaskan, aturan baru ini diterapkan di wilayah Hukum Polda NTB, khususnya di Lotim, berdasarkan UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Kami sudah melakukan sosialisasi secara langsung di masyarakat, selain itu sosialisasi juga kami lakukan di media sosial,” jelasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.