Sekda Ingatkan Peserta Latsitarda Pahami Kearifan Lokal, Hindari Kata Kamu

oleh -1.007 views
Sekda Lombok Timur HM Juaini Taofik
Sekda Lombok Timur HM Juaini Taofik

LOMBOKSATU.com – Sekda Lombok Timur HM. Juaini Taofik mengingatkan rombongan peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke XLII untuk beradaptasi dengan masyarakat.

Bahkan ia mengingatkan sekaligus berpesan untuk memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di kabupaten bermoto patuh karya tersebut terutama dalam berbahasa.

Ia mencontohkan pengguna sapaan dengan menghindari penggunaan kata ‘kamu’ kepada masyarakat setempat karena kata ‘kamu’ itu dianggap kasar bagi masyarakat Sasak. Apalagi kepada yang lebih tua.

“Gunakan kata ‘plungguh’, sebab itu merupakan sebutan tertinggi jika berkomunikasi dengan lawan bicara,” kata Sekda, Sabtu (14/05/2022).

Sekda juga menyebutkan beberapa kearifan lokal lainnya yang ada di empat kecamatan yang menjadi lokasi kegiatan Latsitarda, salah satunya kecamatan Sambelia.

Ia menyebut bahwa di Sambelia seringkali diadakan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah, itu artinya menunjukkan simbol kerukunan umat beragama. “Karena di Lotim ini toleransi umat beragamanya sangat bagus,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Dandim 1615 Lombok Timur Letkol Inf. Amin M. Said dan Kapolres Lombok Timur AKBP Herman Suriyono berkesempatan menyampaikan situasi dan kondisi Lombok Timur kepada para taruna.

Latsitarda yang akan berlangsung hingga Juni mendatang itu diisi dengan kegiatan fisik dan non fisik berupa pembinaan promosi, tentang akademik dan sosialisasi kepada anak-anak muda.

Terkait dengan kehidupan di era sekarang, cara bermedia sosial dengan baik dan tidak melanggar norma-norma, serta men-take down ketika ada berita-berita yang bisa menimbulkan potensi gangguan keamanan.

No More Posts Available.

No more pages to load.