Menteri Investasi Jajal Lintasan Sirkuit Mandalika

oleh -85 views
Menteri investasi bersama rombongan saat menjajal lintasan sirkuit Mandalika
Menteri Investasi RI bersama rombongan saat menjajal lintasan Sirkuit Mandalika

LOMBOKSATU.com – Pelaksanaan World Super Bike (WSBK) di Sirkuit Mandalika terus dimatangkan. Minggu (12/09/2021), Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia berkunjung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Bahkan ia sempat menjajalnya.

Kunjungan tersebut untuk memantau progres pengembangan kawasan super prioritas. Termasuk melihat kesiapan penyelenggaraan berbagai event di dalamnya. Kunjungan ini juga tindaklanjut pertemuan dengan Gubernur NTB beberapa waktu lalu terkait potensi investasi di KEK Mandalika.

Dalam kunjungan tersebut Menteri Investasi/Kepala BKPM bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah berdiskusi dengan Direktur Operasi & Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo dan Direktur Teknik & SDM ITDC, Taufik Hidayat membahas progres pengembangan kawasan dan dukungan yang diperlukan dari Kementerian.

Bahlil Lahadalia juga menyempatkan diri ke Kuta Beach Park dan menjajal Sirkuit Mandalika. Ia mengapresiasi progres pengembangan KEK Mandalika dan telah mendapatkan insentif fiskal berupa PPN. Hal ini merupakan sweetener bagi investor yang menanamkan modalnya di KEK Mandalika. “Kita akan support dengan menjual potensi KEK Mandalika kepada investor,” ucapnya.

Menurutnya, sirkuit Mandalika memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Apabila penyelenggaraan MotoGP sudah berlangsung pihaknya meyakini akan banyak investor yang akan berinvestasi di The Mandalika.

“Kita pastikan pembangunan ini akan bermanfaat bagi kita semua. Khususnya bagi masyarakat yang kita cintai. Kedepan NTB akan menjadi satu kawasan wisata dunia yang tidak hanya terkait otomotif. Tetapi juga dapat mendukung potensi olahraga lainnya, serta mampu menarik wisatawan yang datang,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan dukungan luar biasa dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah kepada PT ITDC dalam mempersiapkan event WSBK pada bulan November mendatang.

“Kami optimistis event WSBK dapat terselenggara dengan lancar dan membawa manfaat positif yang besar bagi NTB. Di samping menyiapkan event WSBK, kami akan terus fokus membangun infrastruktur dan fasilitas dasar kawasan guna meningkatkan nilai jual destinasi wisata yang kami kelola ini,” kata Arie.

Sementara itu, Direktur Teknik & SDM ITDC Taufik Hidayat menjelaskan, bahwa hingga saat ini, total komitmen investasi sampai saat ini sebesar Rp17 Triliun. Jumlah tersebut terdiri dari Master Land Utilization & Development Agreement (LUDA) VINCI Construction Grands Projets (VCGP) USD 1 miliar setara Rp14 triliun pada bertahap selama 15 tahun.

Di samping itu terdapat beberapa investor yang telah berkomitmen membangun hotel senilai total Rp3 triliun. “Pembangunan hotel sendiri sudah mencapai 1.700 kamar,” pungkasnya.

#Jurnalis: Darwis

No More Posts Available.

No more pages to load.