Lomba Perpustakaan, MAN 1 Lotim Raih Juara

oleh -242 views
MAN 1 Lotim mengikuti Lomba Perpustakaan
Kepela MAN 1 Lotim dan pengelolaan perpustkaan menunjukkan piagam juara

LOMBOKSATU.com – madrasah Aliah Negeri 1 Lombok Timur (MAN 1 Lotim) meraih juara pada lomba perpustakaan tingkat provinsi. Lomba ini dalam rangka peningkatan layanan mutu dan kapasitas perpustakaan Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Lomba perpustakaan tingkat Provinsi NTB tahun 2021 ini mulai dengan rentang waktu bulan Februari sampai Mei 2021. Pesertanya dari berbagai perpustakaan sekokah di NTB dan pengumuman para juara tanggal 7 Juni 2021.

Pengumumanan pemenang melalui Surat Keputusan Kadis Perpustaakan dan Kearsiapan Provinsi NTB Nomor ; 87/DEKON/DPKP NTB/2021 tentang Juara Lomba Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ( SLTA) Se_NTB Tahun 2021.

“Alhamdulillah. Perpustakaan MAN 1 Lotim sukses meraih juara 3. Sementra juara 2 diaraih SMAN 1 Sumbawa, dan juara 1 SMAN 2 Praya,” ungkap Kepala MAN 1 Lotim M. Nurul Wathoni pada wartawan, Selasa (06/07/2021) di Selong.

Menurut Wathoni, perpustakaan sebagai bagian komponen penting dan mendasar dalam lembaga pendidikan karena perpustakaan merupakan salah satu sumber ilmu dan perpus menjadi pelopor literasi sekolah.

Karena itu, dalam rangka memperkuat sistem manajemen dan peningkatan layanan perpus yang berstandar nasional maka pihak Perpustakaan MAN 1 Lotim mengikuti Lomba Perpustakaan tingkat Provinsi NTB ini sangat penting. Apalagi mewakili Lombok Timur.

“Meski juara 3, namum hasil yang cukup membanggakan civitas MAN 1 Lotim,” ujarnya. Ia menambahkan, lomba perpustakaan ini fokus pada 6 komponen penilaiannya yakni organisasi perpustakaan, gedung perpustakaan, anggaran perpustakaan, tenaga pengelola perpustakaan, dan koleksi serta promosi perpustakaan.

“Dari penilaian 6 komponen ini MAN 1 Lotim sukses meraih nilai 822 point,” ungkap kepala madrasah yang pernah meraih penghargaan Kepala Sekolah Pelopor Olimpiade Siswa dari FMIPA Universitas Sumatera Utara itu.

Kabid Penmad Kemenag NTB H Ali Fikri mengatakan, prestasi ini sangat membanggakan bagi madrasah. Termasuk Kemenag dalam konteks lomba perpustakaan. Ini merupakan kontribusi besar terhadap eksistensi madrasah.

Apalagi, perpustakaan ini sebagai sumber literasi di madrasah. Maka melalui sistem manajemen layanan dan program perpustakaan yang baik. Maka ini akan memperkuat dan memperkaya intlektual siswa.

“Untuk mewujudkan itu, maka penilaian dan evaluasi perpustakaan madrasah sangat penting. Baik melalui lomba dan lainnya, agar kita tahu seberapa besar kualitas layanan di dalamnya,” paparnya.

Untuk eksternal, perpustakaan MAN 1 Lotim mewakili Kabupaten Lombok Timur dan Kementerian Agama telah sukses meraih juara provinsi. Oleh sebab itu, atas nama Kanwil Kemenag NTB, ia sangat mengapresiasi prestasi MAN 1 Lotim itu.

“Saya mengucapkan terima kasih pada unsur pimpinan MAN 1 Lotim dan tim perpustakaannya yang sudah bekerja maksimal dan telah mampu membawa harum madrasah dalam bidang layanan perpustakaan,” ucapnya.

Hal Ini harus menjadi contoh madrasah lainnya. Kedepan pihak Penmad Kemenag akan mendorong madrasah untuk bisa meningkatkan mutu layanan perpustakaannya,” tegas kabid termuda di Kanwil Kemenag NTB ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.