Kabid Pengairan Targetkan Rehab Jaringan Irigasi Tuntas Juli

oleh -215 views
Kabid Pengairan, Sosiawan Putraji

LOMBOKSATU.com – Kepala Bidang Pengairan Dinas PUPR Lombok Timur Sosiawan Putraji mengatakan, 9 paket pekerjaan rehab jaringan irigasi yang lokasinya di 13 desa 8 kecamatan dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp18,5 miliar ditargetkan tuntas bulan Juli.

“Alhamdlillah, 9 paket itu kami sudah menyelesaikan tahapan lelang melalui LPSE (Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dan insya Allah bulan Februari kami sudah tanda tangan kontrak,” papar Sosiawan Putraji pada wartawan di kantornya, Rabu (27/01/2021).

Proses lelang tahun ini lebih cepat, kata pria yang akrab disapa Ocik ini, karena paket ini sudah direncanakan dan disiapkan sejak tahun 2020 sehingga begitu masuk bulan Januari pihaknya langsung lakukan tender atau lelang. “Semua paket pekerjaan ini kami targetkan selesai bulan Juli atau Agustus 2021,” ungkap Ocik.

Setelah tahap penandatanganan kontrak, kata dia, tahapan berikutnya mengundang kepala desa dan camat untuk melakukan sosialisasi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan cegah Covid-19. Ia juga menegaskan, ada dua tahap sosialisasi yakni sosialisasi pra konstruksi dan sosialisasi masing-masing direksi dan pengawas turun agar melibatkan Kadus dan Kades.

Selain itu, ia juga berjanji akan melibatkan tenaga lokal dalam pelaksanaan kegiatan, termasuk penggunaan material lokal juga akan dipasok dari daerah setempat, jika material itu ada di sekitar desa yang menjadi lokasi kegiatan.

Berikut ini 9 paket rehab jaringan irigasi yang akan dilaksanakan tahun 2021 ini: Pertama, rehab jaringan irigasi Rungkang yang lokasinya di Desa Gelora Kecamatan Sikur dan Desa Kesik Kecamatan Masbagik sepanjang 2.186 meter dengan outcome kegiatan bisa mengairi 361 hektar.

Paket kedua, rehab jaringan irigasi Kondak di Desa Lepak dan Desa Surabaya utara, Kecamatan Sakra Timur sepanjang 2.785 meter dengan out come 244 hektar. Peket ketiga, rehab jaringan irigasi Renga yang berlokasi di Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba sepanjang 855 meter dengan outcome 223 hektar.

Paket keempat, rehabilitasi jaringan irigasi Camek Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading sepanjang 2.000 meter dengan outcome 210 hektar. Paket kelima, rehab jaringan irigasi Beleong Kelurahan Suryawangi dan Desa Banjar Sari, Kecamatan Labuhan Haji 2.760 meter dengan outcome 200 hektar.

Paket keenam, rehab jaringan irigasi Meloang I Desa Toya Kecamatan Aikmel sepanjang 1.655 meter dengan outcome kegiatan bisa mengairi 168 hektar. Paket ketujuh, rehab jaringan irigasi Gege III Desa Jenggik Utara dan Desa Perian Kecamatan Montong Gading sepanjang 890 meter dengan outcome kegiatan bisa mengairi 145 hektar

Paket kedelapan, rehab jaringan irigasi Rugah Desa Masbagik Timur sepanjang 1.100 meter dengan outcome kegiatan mengairi 132 hektar . Terakhir, rehabilitasi jaringan irigasi Embung Tridaya, Desa Jenggik Kecamatan Terara sepanjang 410 meter dengan outcome kegiatan bisa mengairi 128 hektar.

Dengan demikian, total jaringan irigasi yang direhabiltasi tahun 2021 ini sepanjang 14.614 meter (14,6 kilometer) dengan outcome kegiatan bisa mengairi 1.811 hetar.

No More Posts Available.

No more pages to load.