Rakor, Pemkab Lotim Bahas Pengembangan Pariwisata

oleh -208 views
Pemkab Lombok Timur gelar rakor bahas pengembangan pariwisata Sembalun dan Labuhan Haji

LOMBOKSATU.com – Geliat pariwisata di Lombok Timur (Lotim) terus bergererak meski masih dilanda pandemi covid-19. Sebelumnya, pemerintah bersama akademisi Univeritas Hamzanwadi berikhtiar mengembangkan destinasi wisata religi Makam Pahlawan Nasional di Pancor. Kali ini, hadir komunitas masyarakat pengembang destinasi wisata Sembalun dan Labuhan Haji yang menamakan diri “Komunutas Nina Sembalun”.

BACA: Destinasi Wisata Religi

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan lintas OPD yang dibuka Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur HM. Juaini Tofik guna membahas pengembangan destinasi wisata Sembalun dan Labuhan Haji, Selasa (26/01/2020).

Hadir dalam Rakor itu Kepala OPD terkait, di antaranya Kadis PUPR, Kadis LHK, Kadis Perindustrian, Kadis Perhubungan, Kadis Pariwisata, Camat Labuhan Haji, dan Kepala Desa Sembalun. Hadir pula Komunitas Nina Sembalun yang mewakili masyarakat Sembalun dan Labuhan Haji.

Rapat koordinasi ini bertujuan mendengarkan aspirasi masyarakat desa wisata terkait hal-hal yang masih kurang dan perlu dibenahi oleh pemerintah daerah.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan pentingnya Lombok Timur bergerak cepat merespon upaya pemerintah provinsi yang sedang berbenah untuk memulihkan perekonomian daerah, salah satunya melalui sektor pariwisata.

Disebutkan, keberadaan Perda Provinsi Nusa Tenggara Barat tentang desa wisata, diyakini Sekda akan memberikan peluang mengembangkan pariwisata Lombok Timur yang akan ikut andil dalam perbaikan ekonomi daerah ini.

“Sehingga ke depannya, manfaat dari kemajuan pariwisata ini akan dirasakan manfaatnya bukan hanya oleh investor, tapi juga masyarakat lokal,” jelasnya.

Rakor lintas OPD ini diharapkan efektif menghadirkan solusi untuk setiap permasalahan yang dihadapi dalam proses pengembangan potensi wisata daerah, mengingat sektor pariwisata tidak dapat berkembang tanpa kerja sama banyak pihak.

Sekda juga menegaskan semua pihak harus bekerja keras dan konsisten melaksanakan program-program yang direncanakan. Dinas Pariwisata khususnya, diharapkan dapat terus membangun koordinasi yang prima dengan OPD terkait.

Hal itu sejalan dengan rencana pembangunan ‘spektakuler’ tahun 2022 yang menjadi hajat Bupati Lombok Timur, dan pariwisata akan menjadi salah satu objek yang diprioritaskan.

No More Posts Available.

No more pages to load.