Sambut MotoGP 2021, Pemerintah Lombok Timur Tata Kawasan Pariwisata

oleh -119 views

LOMBOKSATU.com – Ikhtiar Pemerintah Lombok Timur untuk menata pariwisata di kawasan selatan terus dilakukan. Saat ini kawasan pantai Ekas Kecamatan Jerowaru menjadi perhatian serius pemerintah.

Hal ini terbukti, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy langsung melakukan kunjungan, Kamis (15/10/2020) guna menyusun perencanaan penataan kawasan Teluk Ekas pada tahun 2021 mendatang dengan menyiapkan anggaran miliaran rupiah.

Sebelumnya, bupati telah melaksanakqn rapat konsolidasi terkait penataan kawasan Teluk Ekas di pendopo. Dalam rapat tersebut bupati menyampaikan beberap poin rencana penataan kawasan pariwisata Teluk Ekas, terutama untuk menunjang perhelatan MotoGP di Lombok Tengah 2021.

Menurut bupati, hal pertama yang harus dilakukan adalah penataan kawasan pantai meliputi kawasan niaga, kawasan parkir pengunjung, kawasan lindung, tempat olah raga, dan penghijauan lahan kawasan pantai.

Kedua adalah penataan pemukiman penduduk yang berada di kawasan pantai. Beberapa penduduk yang mendirikan permukiman di areal pantai akan dipindahkan ke seberang jalan pantai agar area pantai bersih dari pemukiman, mengingat area 30 meter pantai masih milik negara.

Selanjutnya penataan keramba budidaya air laut. Penataan ini penting agar jalur pelayaran nelayan lebih teratur. Oleh karena itu, bupati meminta agar jumlah pembudidaya di Teluk Ekas dilakukan pendataan. Selain itu, perahu nelayan yang bersandar juga harus ditata.

Bupati juga menyebutkan, relokasi resto apung juga perlu perhatian. Langkah ini untuk menyambut pengunjung yang diprediksi akan bertambah seiring perhelatan Moto GP tahun 2021. Penataan lainnya adalah dengan pembangunan jalan lingkar baru yang menuju pantai Ekas.

Bupati juga menekankan pentingnya event wisata untuk meningkatkan pariwisata di kawasan Ekas. Bahkan bupati langsung memerintahkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dapat menuangkannya di dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) sebagai program prioritas tahun 2021.

Ditegaskan bupati, program penataan Teluk Ekas ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat. Rapat dilanjutkan peninjauan lapangan bersama rombongan kepala OPD di Teluk Ekas guna melakukan pemetaan wilayah agar lebih rinci.

Pimpinan OPD yang masuk dalam rombongan ini di antaranya Kadis LHK, Kadis PUPR, Kadis Pariwisata, Kasat Pol PP, Kadis PMPTSP, Kepala Bappeda, dan Kadis Kelkan. Salian itu, bupati didampingi asisten 1, asisten 2, Camat Jerowaru, dan kepala desa setempat.

No More Posts Available.

No more pages to load.