Satgas Covid-19 Setungkeplingsar Terus Bergerak

oleh -267 views

LOMBOKSATU.com – Tim Satgas Covid Penaganan Covid-19 bersama tim relawan Desa Setungkeplingsar terus bergerak memantau aktivitas warga ditengah pandemi covid-19 agar mematuhi imbauan pemerintah.

Kepala Desa Setungkeplingsar Kecamatan Keruak Lombok Timur, Saipul Muslimin mengatakan, meski bulan puasa bukan menjadi halangan untuk membasmi virus ganas jebolan Wuhan China itu.

“Kami bersama tim selalu memantau warga supaya jangan berkerumun, terutama malam hari saat jelang tarawih,” tegas Saipul Muslimin, Ahad (03/05/2020).

BACA: Cegah Covid-19, Perlu Pendekatan Kearifan Lokal

 

Sejauh ini ujarnya, belum ada ditemukan melaksanakan ibadah terawih dengan berjamaah, baik di masjid maupun mushalla. “Alhamdulullah masyarakat sudah sadar tentang bahaya covid-19 ini,” tegasnya kades dua periode itu.

Ia menilai, kesadaran masyarakat ini tidak lain karena peran semua pihak, terutama peran media massa dan sosial media sehingga dari pemahaman itu, kesadaran masyarakat meningkat.

Meski demikian, hingga saat ini, tim terus begerak dan memantau aktivitas, terutama melakukan pendekatan pada masyarakat yang memiliki keluarga di rantauan meminta keluarganya supaya tidak pulang atau mudik selama covid-19.

Selain itu, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi bantuan pada masyarakat terdampak covid-19. “Bersama relawan, kita gencar mensosialisasikan mekanisme pendistribusian bantuan dari semua sumber,” ujarnya.

Sosialisasi ini dilakukan lanjutnya, mengingat pendistribusian bantuan covid-19 ini tidak serempak antara desa satu dengan desa yang lainnya. Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk memaklumi, terutama nilai nominal bantuan.

“Karena nominal bantuan berbeda dengan sumber berbeda pula, maka kami berharap pada masyarakat untuk menanamkan sifat syukur, berapapun jumlah bantuan yang diterima,” pintanya.

Pemerintah desa lanjutnya, pada dasarnya menginginkan semua masyarakat untuk mendapatkan nilai bantuan secara merata bagi masyarakat. “Pada prinsipnya kami pemerintah desa sudah maksimal berbuat agar pendistribusian bantuan ini bisa menyentuh semua warga,” harapnya.

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar, apalagi mengarah fitnah. “Kalau ada informasi yang kurang pas, silakan tanya pada pemerintah desa, agar kami bisa menjelaskan dengan baik, karena prinsip pemerintah itu ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut Saipul Muslimin mengatakan, hingga hari ini, tim percepatan penanganan covid-19 bersama tim relawan desa masih melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat.

“Kita juga selalu mengimbau msyarakat untuk menjaga kesehatan, ikuti imbauan pemerintah demi kebaikan bersama,” pungkas kades yang juga mantan jurnalis itu.

No More Posts Available.

No more pages to load.