Sambut Hari Matematika Sedunia, UNHAM Gelar Workshop

oleh -226 views
Pesrta workshop antusias mengikuti penyampaian materi para narasumbet

LOMBOKSATU – Sabtu, 29 Februari 2020, Prodi Pendidikan Matematika bersama HMPS Pendidikan Matematika Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar kegiatan workshop dengan tema “Workshop Metodologi Penelitian Pendidikan”.

Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut perayaan hari matematika sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2020. Selain itu, workhop ini dilaksanakan juga sebagai respon terhadap temuan masalah yang ada di lapangan.

“Kegiatan ini terkait adanya beberapa mahasiswa yang masih kurang memahami dalam memilih dan menggunakan metode penelitian yang tepat, baik itu mencakup desain penelitian maupun teknik analisis data yang sesuai dengan jenis penelitian yang digunakan,” ulas Kaprodi Matematika, Dr. Sri Supiyati.

Dr. Sri Supiyati

Persoalan ini menurutnya, sering dialami oleh mahasiswa semester VIII yang sedang menyusun proposal skripsi hingga skripsinya. “Kemungkinan semua mahasiswa tidak terkecuali mahasiswa prodi matematika,” ulasnya.

Rangkaian kegiatan workshop ini dilaksanakan selama dua hari mulai hari Sabtu, 29 Februari- 1 Maret 2020 debgan rangakaian kegiatan wokhop ini pada hari pertama, khusus mengenai pemaparan materi dan disertai dengan sesi tanya jawab.

“Pada hari pertama ini, menghadirkan empat orang pemateri. Pemateri 1, Dr. H. Edy Waluyo membahas mengenai metodologi penelitian eksperimen. Pemateri 2, Lalu Muhammad Fauzi membahas metodologi penelitian pengembangan. Pemateri 3, Shahibul Ahyan, MPd. membahas mengenai metodologi penelitian tindakan. Pemateri 4, membahas mengenai Fahrurrozi, M.Pd. membahas metodologi penelitian survei,” ulasnya.

Sementara itu, pada hari kedua kegiatan workhop ini, dilaksanakan kegiatan inti dari kegiatan workshop yaitu kerja dan persentasi hasil. Pada kegiatan inti ini, setiap peserta diberikan kesempatan untuk membuat atau memperbaiki penelitiannya yang ada dan mempresentasikannya di depan para peserta lainnya untuk memperoleh tanggapan, kritik, dan penilaian dari para pemateri.

Dikatakannya, kegiatan ini cukup menarik perhatian dan banyak banyak mahasiswa, baik dari internal prodi pendidikan matematika sendiri maupun mahasiswa dari prodi luar yaitu prodi fisika, biologi, bahasa inggris, prodi PGSD, dan sosiologi.

“Hal ini dapat kita lihat berdasarkan pada data daftar hadir peserta kegiatan workshop pada hari pertama tercatat ada 86 orang peserta yang mengikuti kegiatan workshop ini,” pungkas doktor jebolan UNY itu.

No More Posts Available.

No more pages to load.