Kadis Pariwisata Harapkan Alunan Budaya Desa Perkuat Wisata Lombok Timur

oleh -1.353 views
Kadis Pariwisata Lombok Timur Iswan Rakhmadi (foto ist/dok)
Kadis Pariwisata Lombok Timur Iswan Rakhmadi (foto ist/dok)

LOMBOKSATU.com – Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur Iswan Rakhmadi berharap Festival Alunan Budaya Desa Pringgasela dapat memperkuat wisata Lombok Timur.

Setelah dua tahun vakum karena pandemi covid-19, kini festival tahunan yang dimotori para pemuda Pringgasela akan digelar sebagai bagian dari promosi pariwisata Lombok Timur.

Mempersiapkan kegiatan tersebut panitia menemui Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur Iswan Rakhmadi di kantornya, Kamis (07/07/2022) guna meminta saran dan masukan serta mematangkan konsep.

Iswan mengapresiasi Alunan Budaya Desa yang diselenggarakan secara rutin tersebut dengan harapan dapat menguatkan geliat wisata Lombok Timur.

Menurutnya konsistensi menjadi kunci keberhasilan menarik minat dan kunjungan wisatawan yang berkunjung di desa yang dikenal dengan produksi kain tenun tersebut.

Menurutnya, tema Karnaval Tenun yang diangkat sangat relevan dengan keberadaan Pringgasela sebagai salah satu sentra tenun di Lombok Timur.

“Event itu menarik karena menjadi ajang mengembangkan potensi pengelolaan kain tenun tradisional yang kita miliki,” ungkapnya.

Iswan juga berharap event tersebut dapat mendorong desa-desa lain mengeksplorasi potensi wilayah maisng-masing sehingga Lombok Timur semakin kaya dengan atraksi wisata yang menarik wisatawan untuk berkunjung dan tinggal lebih lama.

Alunan Budaya Desa VI akan diisi jalan sehat, shalawat akbar, bazar dan museum kain tenun purba, serta karnaval tenun yang akan dilaksanakan nanti.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung 24-31 Juli di Tugu Mopra Desa Pringgasela itu juga dirancang menjadi salah satu agenda meramaikan peringatan ulang tahun ke-127 Kabupaten Lombok Timur.

Diketahui, Kecamatan Pringgasela memiliki banyak potensi destinasi wisata, di antaranya pendakian gunung Rinjani melalui Timbanuh, arung jeram di Sungai Mencerit, Air Terjun Mayung Polak, Pancor Kopong, Aik Dewa dan banyak lainnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.