Dekopinda Lotim Siap Kerja Sama Perkuat Eksistensi Koperasi

oleh -226 views
Sekretaris Dekopinda Lotim Moh Sahabuddin
Sekretaris Dekopinda Lotim Moh Sahabuddin

LOMBOKSATU.com – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Lombok Timur (Lotim) Provinsi NTB terbentuk. Terpilih sebagai ketua secara aklamasi Ir H Saiful Haq Asri dan sekretaris Moh Sahahuddin pada Musda 03 Juli 2021 lalu.

Sahabuddin mengatakan, dengan terbentuknya Dekopinda Lotim ini diharapkan mampu memperkuat eksitensi koperasi yang selama ini telah tumbuh dengan baik. Meskipun sebagian masih ada yang sulit tumbuh dan berkembang.

“Tugas Dekopinda ini memperkuat jaringan koperasi dalam rangka memperkuat koperasi yang ada di daerah. Apalagi saat ini bangsa sedang menghadapi pandemi Covid-19,” ujar Sahabuddin, Jumat (23/07/2021) di Selong.

Melalui jaringan Dekopinda, baik Dekopin Wilayah NTB maupun pusat. Termasuk koperasi, ia berharapkan bisa mengumpulkan kekuatan untuk mengatasi permasalahan koperasi, khususnya bagi anggota koperasi,”

Ia mencontohkan, jaringan usaha koperasi yang ada di Lombok Timur dengan jaringan koperasi lain, termasuk dengan konsumen harus diperkuat sehingga dapat memenuhi kebutuhan anggota koperasi.

Selain itu, Dekopinda ini bertugas memperjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan koperasi sebagai mitra pemerintah daerah.

“Kita akan melakukan edukasi, fasilitasi, dan advokasi terhadap persoalan yang ada. Untuk edukasi, kita akan memberikan penguatan kapasitas sumberdaya manusia agar pengembanga koperasi kedepan lebih baik,” papar Sahabudin.

Dalam konteks advokasi, koperasi mendapatkan akses dan peluang yang lebih besar dalam perekonomian nasional. Sehingga ia berharap keberadaan Dekopinda ini dapat memperkuat eksistensi koperasi di Lombok Timur.

Untuk dapat menjalankan fungsi dan tugas pokoknya, Dekopinda akan menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan Gerakan Koperasi dan pemerintah selaku mitra kerja. Terutama pemerintah daerah Lombok Timur.

“Saat ini kita sedang menyusun program kerja yang akan kita bahas pada rapat kerja nanti. Kalau sudah pelantikan, kita akan kerjasama antar koperasi, termasuk dengan badan usaha lainnya baik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun nasional,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.