Bantu Pemerintah Daerah, Kemenag Loteng Inisiasi Sekolah Unggulan PAI

oleh -130 views
Kemenag Inisiasi Sekolah unggulan
Kepala Kemenag Loteng H Zamroni Aziz

LOMBOKSATU.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Tengah inisiasi sekolah unggulan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dasar.

Untuk menjalankan program sekolah unggulan ini, Kemenag menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah untuk membantu penguatan pendidikan agama pada sekolah umum di bawah dinas pendidikan.

“Mulai tahun ajaran baru sekarang ini, kita akan kerja sama membuka sekolah dasar kelas unggulan,” ujar Kepala Kemenag Lombok Tengah H Zamroni Aziz kepada wartawan, Senin (5/07/2021).

Ia menjelaskan, program sekolah dasar unggulan PAI merupakan sekolah penguatan beberapa kurikulum di sekolah dasar. Di antaranya kelas khusus pelajaran Aqidah Akhlaq dan Fiqih.

Program ini juga akan mengembangkan beberapa kegiatan ekstrakulikuler khususnya Tahfiz Al-Qur’an. Dan mulai dari siswa kelas satu sampai enam akan balajat membaca Qur’an sampai fasih.

Program pembelajaran pada sekolah unggulan ini akan disesuaikan dengan metode pendidikan pondok pesantren, misalnya siswa rutin menyetor hafalan Qur’an.

Sementara tenaga pengajar program sekolah unggulan ini adalah guru agama pendidikan agama Islam dan para penghafal Qur’an (hafidz) dari beberapa pondok pesantren.

Dengan adanya program ini, kedepan tidak ada lagi siswa/siswi sekolah umum yang tidak bisa baca Al-Qur’an. Bahkan pihaknya menargetkan, peserta kelas unggulan mampu menghafal satu jus setiap tahunnya.

Adapun mengenai honor tenaga pengajar, menurutnya tidak terlalu sulit. Selain karena merupakan guru setempat, di kelas unggulan juga akan ada kotak amal untuk penghafal ataupun wali murid.

“Sumbangan melalui kotak amal tidak ada paksaan,” ujarnya seraya mengatakan, inisiatif ini adalah program kecil dari Kemenag untuk daerah ini.

Zamroni menyebutkan, program ini mendapat respon positif dari Dinas Pendidikan. Namun untuk tahun ajaran ini, sekolah unggulan akan diujicobakan di SD Negeri 3 Praya dan SMP Negeri 2 Praya.

Jika program ini berjalan maksimal, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan menerapkan sekolah unggulan PAI ini di seluruh satuan pendidikan.

“Intinya, baik kementerian agama maupun dinas pendidikan satu bahasa terkait program ini. Tinggal dilaksanakan saja,” pungkas Zamroni. (Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.