Studi Banding Kehumasan, Setwan Karangasem Kunjungi DPRD Lotim

oleh -172 views

LOMBOKSATU.com – Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwailan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur (Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima rombongan Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kabupaten Karangasem Bali bersama belasan wartawan berkunjung ke Sekretariat Dewan Lombok Timur guna studi banding tentang kehumasan dan kerjasama dengan media massa, Senin 26 Oktober 2020.

Sekwan Karangasem, I Wayan Ardika mengatakan, kunjungan kerja ke DPRD Lombok Timur untuk studi banding mengenai mengelola kehumasan dalam rangka membangun kerja sama dan kemitraan antara DPRD dengan insan pers di Kabupaten Lombok Timur.

“Selain kunjungan kerja, kita ingin menjalin silaturrahmi dan memperkuat hubungan komunikasi kegiatan dewan. Dan melalui kunjungan ini kita harapakan dapat saling berbagi cara untuk membangun daerah terutama peran media di tengah pandemi covid-19 yang melanda sampai saat ini,” ujar I Wayan Mahardika.

Disebutkan, selama ini sekretariat dewan Karangasem telah melakukan kerjasama dengan media massa dalam memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan dewan namun untuk memaksimalkan pola kerja sama dengan media maka pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Lombok Timur ini. “Kami ingin mengetahui bagaimana DPRD Lotim dalam melakukan kerja sama dengan media saat ini,” sambungnya.

Sementara itu, Sekwan DPRD Lombok Timur H. Ahyan menyambut baik kunjungan Sekwan DPRD Karangasem bersama Asisten III Karangasem Ni Made Santika Wati. “Kami mengucapkan selamat datang kepada teman-teman dari Sekretariat DPRD Karangasem yang mau berkunjung dalam rangka membahas bagaimana membangun kerja sama antara humas sekertariatan dewan dengan media,” ungkapnya.

Disebutkan, kerja sama dengan media massa selama ini cukup baik. Menurutnya peran pers dan lembaga legislatif khususnya tidak bisa dipisahkan. Kerja sama dengan media massa memiliki peran penting dalam memberikan informasi program-program lembaga dewan dan pemerintah.

Dijelaskan pula, saat dengan berubahnya status menjadi tipe A, Sekretariat DPRD telah memiliki 4 bidang yang sebelumnya hanya 3 bidang. Bertambahnya bidang kehumasan saat ini menjadi ujung tombak publikasi informasi. “Humas sekretariat dewan berperan sangat penting. Namun tanpa rekan-rekan media mungkin informasi kegitan dan kinerja pimpinan dan anggota DPRD akan sulit diketahui oleh masyarakat,” ungkap Ahyan.

Ahyan juga menyebutkan saat ini pimpinan DPRD telah berbagi peran dan fungsi yang tangani oleh Wakil Ketua DPRD untuk menangani komunikasi dengan media selain kehumasan. “Saat ini Wakil Ketua yakni pak Badran yang membidangi hal itu. Kami juga berusaha untuk melakukan komunikasi dengan forum media yang ada di Lombok Timur,” terangnya.

Ketua Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) Rusliadi pada kesempatan itu juga berbagi cerita dan pengalaman tentang tata cara membagun kerja sama media dengan para pihak, baik pemerintah maupun swasta agar para jurnalis mendapatkan manfaat dari organisasi selain dari media masing-masing.

“Lombok Timur ini banyak organisasi media dan untuk mempersatukan persepsi dalam menjalin kerjasama, kami membentuk sebuah forum wartawan yang namanya FJLT atas inisiasi rekan-rekan wartawan sebagai wadah memperkuat komunikasi dan kapasitas kami selaku wartawan di Lombok Timur,” tuturnya.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Penasehat FJLT, Lalu M Kamil AB mengatakan pola kerjasama yang berjalan selama ini antara dewan dengan media dibuat nota kesepakatan FJLT dengan pihak sekretariat dewan dalam hal meliput dan mengekspos setiap agenda dewan dan sekretariat. “Pola pembayaran kerjasama kerja sama dengan cara masing-masing media mengajukan invoice kepada pihak sekretariat dewan,” tutupnya.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.