Kembang Kuning Berpeluang Raih Juara Lomba Desa Wisata Nusantara

oleh -241 views

LOMBOKSATU – Desa Wisata Kembang Kuning Kecamatan Sikur, Lombok Timur NTB berhasil masuk dalam 10 besar kategori desa wisata bwrkembanh pada Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 tingkat nasional sesuai dengan surat keputusan tim verifikasi pusat, tanggal 01 November 2019.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Lombok Timur, Muhir mengatakan, masuknya desa wisata Kembang Kuning masuk urutan pertama kategori desa wisata berkembang pada Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 dari 10 desa wisata. Hal ini menjadi bukti keindahan destinasi wisata di Lombok Timur yang tidah kalah dengan daerah lainnya.

Kabid Pemasaran, Muhir

“Dengan masuk pada nomor urut pertama, Desa Wisata Kembang Kuning berpeluang menjadi juara, karena masih ada penilaian yakni pemaparan tentang desa wisata di Kantor Direktorat Jenderal dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PMD) pada akhir November 2019 nanti,” jelas Kabid yang akrab disapa Guru Muhir ini, Ahad (02|11|2019) di Selong.

Baca: Pesona Desa Wisata Kembang Kuning

Kedepan kata dia, pemerintah daerah melalui dinas pariwisata akan melakukan upaya pembinaan secara maksimal kepada semua desa wisata sebagai desa wisata penyangga Kembang Kuning yang menjadi salah satu epicentrum wisata Nusantara 2019.

Disebutkan, potensi desa wisata yang ada di Lombok Timur sangat banyak, mulai dari potensi wisata bahari, alam, pertanian, budaya, sejarah, kuliner, dan lain-lain. Semua itu menurutnya menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Dengan prestasi desa wisata Kembang Kuning hari ini kita tinggal pasarkan kepada dunia, bahwa Desa Wisata Kembang Kuning merupakan salah satu icon dari 10 Desa Wisata Nusantara 2019 yang harus kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan,” ujarnya optimis.

Ia mengaku sangat optimis, prestasi desa wisata Kembang Kuning tersebut akan menjadi destinasi yang akan mendapatkan perhatian dari berbagai wisatawan untuk dikunjungi dan akan berdampak pada desa wisata desa lain di Lombok Timur.

“Oleh sebab itu, kami dari dinas pariwisata akan terus melakukan pembinaan dalam rangka meningkatkan promosi dan pemasaran semua potensi pariwisata kita,” papar Muhir yang juga tokoh budaya Lombok Timur itu.

Kabid Pemasaran ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah bergerak bersama dengan dalam kapasitas masing-masing dalam upaya mendukung Desa Kembang Kuning menghadapi penilaian dari tim verifikasi dari pusat.

“Kebersaman itu tidak lepas dari sikap tanggap Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengambil sikap dengan mengumpulkan semua OPD untuk membantu Desa Kembang Kuning melakukan rapat koordinasi. Dan pada saat itu juga, bupati memberikan brand kepada desa Kembang Kuning, “Kembang Kuning: Kembang Mate, Kembang Ate,” yang maknanya Kembang Kuning yang indah dan selalu di hati,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.