Pesona Desa Wisata; Kembang Kuning Wakili NTB Lomba Desa Wisata Nusantara 2019

oleh -312 views

LOMBOKSATU – Keindahan alam yang dimiliki Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur NTB membuat siapa saja yang melihatnya akan terpesona. Tidak hanya itu, perilaku dan tradisi masyarakat setempat yang masih dilestarikan juga menjadikannya sebagai objek wisata yang membuat pengunjung betah dan seakan enggan beranjak meninggalkannya.

Selain itu, wisatawan juga dimanjakan dengan aneka destinasi air terjun yang tidak jauh dari desa Kembang Kuning seperti air terjun Burung Walet, air terjun Kokok Duren, air terjun Seme Deye, air terjun Jeruk Manis, dan air terjun Ulem-ulem yang semua itu menawarkan sejuta pesona.

Acara verifikasi lomba desa wisata Nusantara 2019

Saat ini, kemajuan pengembangan wisata Desa Kembang Kuning yang sudah dimulai sejak puluhan tahun silam telah mengantarkannya menjadi salah satu desa wisata yang masuk nominasi 28 besar Lomba Desa Wisata Nusantara 2019. Dimana jauh sebelumnya telah dinobatkan sebagai desa wisata terbaik NTB.

Kembang Kuning: Kembang Mate Kembang Ate, sebuah selogan yang tentu tidaklah berlebihan bagi desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani, mengingat Desa Kembang Kuning memiliki pemandangan indah dengan panorama alam yang masih alami yang seakan tidak pernah dilupakan para wisatawan.

Untuk memanjakan para wisatawan, masyarakat pengelola menawarkan paket wisata yang tidak lepas dari tradisi-tradisi lokal masyarakat Sasak sehingga wisatawan menemukan suatu kenunikan tersendiri yang sulit didapatkan di tempat wisata lain. Misalnya paket wisata coffee process, oil process, dan atraksi mencari belut di malam hari dan lain sebagainya.

“Jika wisatawan dibuatkan kopi secara langsung itu harganya hanya sepuluh ribu, tapi kalau paket coffee process itu harganya mencapai ratusan ribu,” jelas Kades Kembang Kuning, HL. Sujian saat mempresentasikan potensi desa wisata kepada tim verifikasi Lomba Wisata Desa Nusantara, Kamis (24|10|2019).

Selain atraksi menarik lainnya, para wisatawan disediakan aneka kuliner khas Sasak dengan bahan baku dari masyarakat setempat seperti sayur-sayuran segar yang dipetik dari sawah dan dijamin memanjakan lidah wisatawan dengan sajian higienis oleh pemilik homestay dengan harga sangat bersahabat.

“Desa Wisata Kembang Kuning memang memberikan pesona luar biasa, tidak hanya alam yang bersahabat, tapi masyarakatnya juga sangat ramah terhadap semua pengunjung,” ujar salah seorang pengunjung.

No More Posts Available.

No more pages to load.