Rumakasi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

oleh -538 views
Wabup
H Rumaksi

LOMBOKSATU.com – Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 di Kabupaten Lombok Timur berlangsung di halaman kantor bupati (1/10/2022). Wakil Bupati Lombok Timur H Rumaksi Sj tampil sebagai inspektur upacara.

Selain pembacaan teks Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, pada kesempatan itu dibacakan pula ikrar yang menegaskan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena itu bangsa Indonesia membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Ikrar tersebut dibacakan Wakil Ketua DPRD Lombok Timur H. Daeng Paelori. Sementara naskah undang-undang Dasar 1945 dibacakan Ketua DPRD Murnan. Upacara diikuti jajaran Forkopimda serta berbagai unsur seperti ASN, TNI dan Polri.

Sehari sebelumnya Mendikbudristek menyampaikan pidato yang di antara isinya menegaskan saktinya Pancasila terletak pada cara menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan tujuan hidup sehari-hari sebagai bangsa.

Diingtakannya bangsa ini perlu bergotong royong mewujudkan satuan pendidikan dan ruang-ruang kebudayaan yang aman dan nyaman, yang mengedepankan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, serta bebas dari kekerasan.

Ditambahkannya pula bahwa kesaktian Pancasila terletak pada komitmen bersama bangsa mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk belajar dan untuk berkarya.

Disampaikannya bahwa Kemendikbudristek telah berkomitmen menghadirkan transformasi yang sejalan dengan pesan Bung Karno dalam pidato Lahirnya Pancasila.

Ia mangajak semua pihak terus bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya, membawa Indonesia melompat ke masa depan.