Alunan Budaya Desa Diharapkan Masuk Kalender Event Nasional

oleh -742 views
Foto: Dua dari kiri, Wakil Bupati H Rumaksi bersama Bupati HM Sukiman Azmy saat membuka acara Alunan Budaya Desa Pringgasela
Foto: Dua dari kiri, Wakil Bupati H Rumaksi bersama Bupati HM Sukiman Azmy saat membuka acara Alunan Budaya Desa Pringgasela

LOMBOKSATU.com – Setelah dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi covid-19, hari ini (Kamis 28/07/2022) Alunan Budaya Desa Pringgasela resmi dibuka.

Alunan Budaya Desa ini diharapkan masuk kalender event pariwisata secara nasional. Event ini digagas untuk melestarikan nilai-nilai budaya pada generasi muda.

Generasi muda saat ini mulai
kehilangan jati diri dan kurang
memahami tradisi yang diwariskan leluhur. Pada event itu akan ditampilkan kain tenun tradisional Pringgasela dikemas dengan pertunjukan mode busana.

Hadir Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy bersama Wakil Bupati H Rumaksi Sj, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Forkopimda, serta sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemkab Lombok Timur.

Wakil Bupati Lombok Timur H Rumkasi mengaku bangga terhadap masyarakat Pringgasela, utamanya panitia penyelenggara yang telah mampu secara konsisten melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kegiatan yang terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun itu diharapkan dapat menjadi kalender event, baik kabupaten, provinsi, maupun nasional dengan konsep yang menarik bagi wisatawan,” harapnya.

Ia menyebut kegiatan semacam ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena itu, ia mendorong para perajin membentuk kelompok agar mendapat dukungan modal.

Untuk mendapatkan modal itu bisa melalui Program Lotim Berkembang yang saat ini akan menyasar para pengusaha ultra mikro, seperti para perajin tenun Pringgasela.

Sejumlah agenda seperti bazar, atraksi seni, pengajian dan shalawat, malam seni, hingga karnaval tenun sebagai acara puncak pada Ahad 31 Juli.

Tarian dan atraksi budaya lainnya, termasuk peragaan proses pembuatan kain tenun juga tampak di lokasi pembukaan di sekeliling Tugu Mopra sebagai pusat desa Pringgasela.

No More Posts Available.

No more pages to load.