Penunjang Pariwisata Wilayah Utara Mulai Diperhatikan

oleh -387 views
H. Sidik
H. Sidik Maulana

LOMBOKSATU.com – DPRD Lombok Tengah mengaku infrastruktur jalan menuju destinasi wisata di wilayah Utara seperti Batukliang dan Batukliang Utara (BKU) sudah mulai dapat perhatian dari pemerintah kabupaten (Pemkab).

Hal ini dibuktikan bahwa dari pinjaman Rp 200 miliar yang dilakukan oleh Pemkab melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), ternyata sebagian besar digunakan untuk perbaikan infrastruktur penunjang yakni perbaikan jalan menuju destinasi wisata di wilayah utara.

Anggota Komisi III DPRD Lombok Tengah H Sidik Maulana menyampaikan, selaku wakil rakyat dari Dapil Batukliang-Batukliang Utara memang selama ini pihaknya sudah berupaya menyampaikan kepada pemkab agar memperhatikan jalan di wilayah utara.

“Dengan pinjaman yang Rp200 miliar, kami sudah menyepakati antara DPRD dan Pemkab bahwa di Batukliang- Batukliang Utara mendapat enam ruas jalan untuk dilakukan perbaikan, dan ini sudah di putuskan. Artinya kalau dari enam ruas ini akan dikerjakan, maka kita masih punya tugas untuk dua ruas jalan lainnya,” ungkap H Sidik, Rabu (05/01/2022).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menegaskan, memang saat ini enam ruas jalan tersebut belum dikerjakan karena memang dana juga belum dilakukan pencairan. Hanya saja jika enam ruas jalan ini sudah di kerjakan, maka diharapkan dua jalan kabupaten lainnya bisa menjadi atensi. Karena memang belum di sentuh sama sekali.

“Dua jalan yang belum bisa di eksekusi yakni untuk jalur yang berada di Desa Karang Sidemen. Jalan ini belum tersentuh perhatian sama sekali, padahal jalan tersebut sudah masuk ruas jalan kabupaten sudah lama yakni tahun 2017,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Kak Tuan Sidik (KTS) ini menegaskan, jika saat ini memang masih banyak jalan menuju wisata yang berada di wilayah utara yang butuh perhatian pemkab, kecuali jalan yang menuju wisata Benang Stokel. Mengingat jalan tersebut dianggap sudah memadai meski memang belum bisa dilalui oleh bus-bus besar dan butuh pelebaran.

“Harapan kita sebenarnya ada pelebaran jalan dari Tratak menuju Benang Stokel, cuma jalan yang menuju air terjun batu Janggot, air terjun babak pelangi dan berbagai air terjun lainnya di wilayah utara sama sekali memang belum tersentuh dan sangat butuh perhatian dari pemkab. Kalau mereka benar- benar mau menyeimbangkan wisata selatan dan utara,” terangnya.

Terlebih potensi pengembangan wisata di wilayah utara juga tidak jauh lebih bagus, jika di bandingkan dengan di wilayah selatan. Terutama di wilayah utara masih menyuguhkan keindahan alam baik berupa persawahan maupun pegunungan.

“Kalau di selatan identik dengan laut, sehingga kalau nanti kita mampu memoles wisata kita di utara dengan perbaikan infrastruktur, tentu ini akan menjadi pilihan kedua setelah KEK Mandalika bagi tamu yang datang,” terangnya.

#Jurnalis: DARWIS | Editor: AM. ALIYA

No More Posts Available.

No more pages to load.