Tangkal Stunting, Pemkab Lotim Kenalkan Padi Varietas Inpari Nutri Zinc

oleh -57 views
Bupati Lotim HM Sukiman Azmy saat rapat membahas beras varietas nutrizinc
Bupati Lotim HM Sukiman Azmy saat rapat membahas beras varietas nutrizinc

LOMBOKSATU.com – Angka stunting di Lombok Timur masih relatif tinggi. Guna menangkal dan menanggulangi stunting, pemerintah kabupaten (Pemkab) memperkenalkan padi varietas inpari nutri zinc.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Lombok Timur yang masih tinggi angka stunting, seperti Jerowaru, Aikmel, dan Lenek masih berada di zona stunting sehingga perlu upaya maksimal menuntaskannya. Salah satunya melalui budidaya padi inpari nutri zinc.

Disebutkan, fungsi zinc terbilang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia. Selain menjaga kesuburan, penyembuhan luka, meningkatkan daya tahan tubuh, zinc juga berfungsi mencegah stunting.

“Kita akan melakukan sosialisasi,” kata Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy saat memimpin rapat yang membahas beras nutri zinc ruang Rapat Bupati, Senin (11/10/2021).

Setelah, akan mengupayakan
untuk menyiapkan lahan. Untuk langkah alternatifnya, ada petani binaan yang sekarang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan untuk pengadaan pangan berupa beras.

Oleh karena itu, Bupati Sukiman mengingatkan OPD teknis serta BUMD (PD. Agro Selaparang) dapat mengajak masyarakat untuk membudidayakan padi varietas nutri zinc ini.

Bupati mengakui, keuntungan lain budidaya varietas ini adalah adanya model kluster padi nutri zinc yang mandiri dan berkelanjutan di masyarakat sehingga produksi tetap terjaga.

No More Posts Available.

No more pages to load.