Siswi MAN 1 Lotim Wakili NTB di Ajang KSM Nasional

oleh -161 views
Siswa siswi bersama Kepala MAN 1 Lotim tunjukkan piala atas prestasinya di ajang KSM tingkat NTB
Siswa siswi bersama Kepala MAN 1 Lotim tunjukkan piala atas prestasinya di ajang KSM tingkat NTB

LOMBOKSATU.com – Dua siswa yang selama ini sangat aktif dalam kegiatan ektrakurikuler akademik atas nama Windy Andika siswi kelas XII IPA1 sukses meraih juara 1 pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang Biologi Terintegrasi dan Umar Abdullah siswa XII IPA2 berhasil meraih juara 2 bidang Matematika Terintegrasi.

Pembina Study Club Matematika MAN 1 Lotim Ziad Aenullah pada wartawan, Selasa (28/09/2021) mengatakan, dengan berhasilnya Windy Andika meraih juara 1 pada KSM tingkat provinsi ini maka Windy akan wakili NTB ke KSM tingkat nasional sekitar akhir Oktober 2021 mendatang.

Hal itu lanjutnya, sesuai dengan petunjuk teknis KSM tahun 2021 bahwa peserta KSM tingkat nasional adalah para juara 1 pada masing-masing bidang lomba di tingkat provinsi. Mereka akan bertarung, menguji kepampuan siswa merebut juara nasional.

“Insya Alloh. Dari sisa waktu yang ada saat ini akan kita manfaatkan maksimal untuk memberikan bimbingan tambahan untuk siswi andalan NTB ini, agar bisa meraih hasil terbaik nantinya di ajang KSM Nasional,” imbuh Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni.

Wathoni menuturkan, Windy Andika memang sosok yang memiliki ketekunan dan berprestasi dalam bidang biologi. Tapi dalam KSM ini materi soalnya terintegrasi dengan Alqur’an yang tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Windy.

“Tantangannya, Windi harus menguasai materi biologi yang terintegrasi dengan Alqur’an. Termasuk soal KSM ini juga ada yang menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Hal ink tentunya menuntut siswa biasa menguasai dan memahami kedua bahasa tersebut,” tuturnya.

Karena itu, pihaknya melakukan upaya bimbingan yang lebih mendalam terkait tafsir ayat Alqur’an yang berhubungan dengan biologi. Kegiatan ini atas bantuan dan bimbingan dari dewan guru pendidikan agama Islam serta guru Bahasa Inggris.

“Semoga ikhtiar ini membuah hasil yang mengharumkan nama baik madrasah dan daerah di kancah nasional. Kami mohon dukungan dan doa kita semua. Semoga meraih prestasi,” harap kelapa madrasah yang pernah meraih penghargaan kepala madrasah terbaik itu.

Atas capaian prestasi yang membanggakan ini, H Sirojuddin selaku Kakanmenag Lotim menyampaikan rasa bangganya. Memang siswa MAN 1 Lotim hampir setiap minggu nenggondol piala prestasi. Ini patut kita apresiasi serta jadikan contoh bagi madrasah negeri lainnya di Lotim.

“Kita ingin semua madrasah bisa fatabikulkhairat dalam meraih prestasi untuk bisa mewujudkan madrasah mandiri dan prestasi,” harap Sirojuddin dengan penuh optimisme.

No More Posts Available.

No more pages to load.