Menag Apresiasi Pembentukan BLK Pemuda Anshor NTB

oleh -299 views
Menag RI Yaqin Cholil Qoumas (tengah, baju hitam) saat meresmikan BLK GP Ansor NTB

LOMBOKSATU.com – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, mengapreasiasi terbentuknya Balai Latihan Kerja (BLK) Gerakan Pemuda (GP) Anshor NTB. Hal itu diungkapkan saat menghadiri silaturahmi dan peresmian BLK di kediaman Ketua Wilayah (Kanwil) GP Pemuda Anshor NTB, Zamroni Aziz di Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Kamis (11/03/2021).

Menurutnya, pembentukan BLK ini merupakan salah satu langkah maju yang digagas GP Anshor NTB dalam memberdayakan masyarakat, khususnya keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU).

Pihaknya berharap keberadaan BLK bisa dirasakan dan dimanfaatkan seluas-luasnya bagi masyarakat. Keterampilan yang diajarkan nanti diharapkan mampu menjadi “modal” bagi masyarakat dalam menghadapi geliat pembangunan di NTB.

Ia mengaku siap mendukung segala kebutuhan BLK, khususnya GP Anshor NTB. Namun sebelum disampaikan ke pemerintah pusat, berbagai kebutuhan tersebut alangkah baiknya diikhtiarkan terlebih dahulu di daerah, yakni dengan membangun komunikasi dengan pemerintah kabupaten maupun provinsi.

” Jangan sediki-dikit proposalnya langsung ke kementerian. Kalau bisa diselesaikan dulu di daerah. Kalau tidak bisa baru minta ke pusat,” kata Yaqut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebagai organisasi kepemudaan NU, GP Anshor harus mampu menjembatani kepentingan masyarakat. Dan tidak kalah pentingnya, harus mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu Ketua GP Anshor NTB H. Zamroni Aziz mengatakan, tujuan pembentukan BLK ini tidak lain sebagai upaya meningkatkan kemandirian masyarakat, khususnya generasi muda.

Kemandirian generasi muda, kata Zamroni, merupakan salah satu pondasi kemajuan suatu daerah atau bangsa. Pemuda yang mandiri akan mampu melahirkan masyarakat yang inovatif dan menjadi motor penggerak pembangunan. Hal inilah yang mendorong pembentukan BLK Pemuda Anshor.

Kedepan BLK Pemuda Anshor akan dibuka untuk umum secara gratis. Para pemuda akan dilatih untuk mendapatkan berbagai keterampilan yang disesuaikan dengan lapangan pekerjaan di NTB.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sejauh ini GP Anshor sebagai organisasi sayap NU terus berupaya berbuat untuk masyarakat sesuai dengan kemampuan yang ada. Berbagai ikhtiar selama ini, menurutnya telah berjalan dengan sangat baik. Semua itu tidak lepas dari peran semua pihak, terutama para kepala daerah yang merupakan bagian keluarga NU, telah banyak membantu GP Anshor dalam menjalankan programnya.

Kerjasama yang telah dibangun selama ini diharapkan bisa terus terjalin dengan baik. Sehingga GP Anshor mampu menjawab berbagai keinginan, harapan, dan amanat masyarakat selama ini.

Sementara itu Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Tengah, HL. Pathul Bahri dalam sambutannya mengaku siap mendukung segala program GP Anshor. Terlebih peran organisasi sayap NU ini telah terbukti banyak membantu pemerintah daerah, sehingga sudah semestinya dirangkul dan diberdayakan. (Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.